13th Journalist Days 2015

Updated on 22 Apr 2015 @ 19:00 by Editorial Staff | 48 Views

13th-Journalist-Days-Universitas-Indonesia

Badan Otonom Economica, pers mahasiswa sekaligus organisasi tertua di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, memiliki program kerja tahunan bertajuk Journalist Days. Pada tahun 2015, Journalist Days yang memasuki tahun ke-13 akan mengusung tema “Lifestyle ‘Journalism’: Jelajahi Gaya Hidup!”. Project Officer Journalist Days tahun ini adalah Iqbal Makbul Taher dari Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia angkatan 2013.

TEMA:

Lifestyle ‘Journalism’: Jelajahi Gaya Hidup!”

Lifestyle journalism/jurnalisme gaya hidup kini menjadi suatu tren baru dalam dunia jurnalistik. Kehadirannya perlahan mulai menarik minat masyarakat yang cenderung bosan dengan produk berbentuk hard news atau straight news, meskipun kedudukannya tidak dapat digantikan sepenuhnya oleh lifestyle journalism. Journalist Days 2015 hadir untuk menjadi wadah yang membahas dengan lengkap seputar jurnalisme gaya hidup mulai dari definisi, sejarah, jenis, perkembangan, karakteristik serta bagaimana perbedaannya dengan produk jurnalistik atau produk hiburan lainnya, bagaimana praktiknya, hingga prospek di masa depan, lengkap dari perspektif jurnalis, mahasiswa, dan masyarakat dalam rangkaian acara 13th Journalist Days 2015.

MAIN EVENT 13TH JOURNALIST DAYS
Rangkaian acara utama 13th Journalist Days ini akan dilaksanakan selama 4 (lima) hari, yaitu pada 27-30 April 2015. Adapun rangkaian acaranya adalah sebagai berikut:

Hari-1: Training
Hari/tanggal: Senin, 27 April 2015
Waktu: 08.30 – 16.30
Tempat: Aula Student Center & Ruang Seminar A Gedung Soemitro Djojohadikusumo FEB UI

Hari pertama rangkaian acara utama 13th Journalist Days adalah training. Terdapat 2 (dua) kelas training yang akan dibuka, yaitu Training News Anchor dan Training Penulisan Jurnalistik.

  • Training News Anchor
    Trainer: Michael Tjandra
    Dalam training news anchor ini, peserta berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan langsung dari news anchor terkenal di Indonesia. Materi yang akan didapatkan oleh peserta meliputi teknik-teknik dalam news reporting dan news presenting.
  • Training Penulisan Jurnalistik
    Trainer: Tim Harian Kompas
    Dalam training penulisan jurnalistik ini, peserta berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan dari Tim Kompas Cetak mengenai teknik-teknik dalam menulis berita yang baik dan sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan jurnalistik.

Hari-2: Media Visit
Hari/tanggal: Selasa, 28 April 2015
Waktu: 07.30-17.30
Tempat: NET TV dan National Geographic Indonesia*

Media visit adalah rangkaian acara 13th Journalist Days yang dilaksanakan di kantor media nasional terkemuka. Kegiatan ini memungkinkan peserta Media Visit 13th Journalist Days untuk mempelajari secara langsung proses pengolahan berita di kantor media massa, baik media elektronik maupun media cetak. Materi akan diberikan oleh perusahaan yang menjadi tujuan media visit.

Adapun media elektronik yang akan dikunjungi adalah NET TV dan media cetak yang akan dikunjungi adalah National Geographic Indonesia (dalam konfirmasi).

Hari-4: Seminar
Hari/tanggal: Kamis, 30 April 2015
Waktu: 08.00 – 15.00
Tempat: Auditorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Kampus Depok

Dibuka dengan Keynote Speech dari Rudiantara, S.Si., M.B.A.* (Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia) Seminar 13th Journalist Days ini terdiri dari 2 (dua) sesi menarik, yaitu:

Sesi-1: Gaya Hidup dalam Bingkai Jurnalistik
Pada sesi pertama, akan dihadirkan pembicara – pembicara yang memberikan fondasi pemahaman yang relatif teoritis dan menyeluruh akan jurnalisme gaya hidup. Pemaparan akan sejarah jurnalisme gaya hidup serta perkembangannya, baik di dunia internasional maupun dalam lingkup nasional, diharapkan akan memperkaya dimensi pemahaman masyarakat akan jurnalisme gaya hidup. Edukasi akan kondisi terkini dan prospek dari jurnalisme gaya hidup juga turut dihadirkan dalam rangka memberikan gambaran aktual atas dinamika jurnalisme gaya hidup. Batas- batas serta standar-standar yang menjadikan jurnalisme gaya hidup sebagai suatu bidang jurnalistik yang unik dan potensial juga akan dipaparkan pada sesi ini. Pada akhirnya, diharapkan sesi ini akan menjadi fondasi dan sumber edukasi peserta akan jurnalisme gaya hidup. Adapun pengisi acara di seminar sesi-1 yaitu:

Moderator: Ajeng Kamaratih (Presenter Berita Kompas TV)
Pembicara: Wishnutama* (CEO NET Mediatama), Petty S. Fatimah (Pemimpin Redaksi Femina), Hagi Hagoromo (Editor in Chief LINIKINI), dan Endah Triastuti (Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia).

Sesi-2: Cerita Mereka di Jurnalisme Gaya Hidup
Sesi kedua dari seminar ini bertujuan untuk membumikan jurnalisme gaya hidup melalui pemaparan dari beragam pelaku praktisnya di berbagai bidang jurnalisme gaya hidup. Sesi kedua akan dibawa dengan suasana yang lebih santai dari pada sesi sebelumnya. Sesi ini akan menitikberatkan pada para pembicara dengan berbagai pengalamannya, petualangan-petualangan yang ia hadapi, hingga inspirasi yang ia dapatkan sebagai pelaku yang lebih bersifat praktis untuk melengkapi sesi pertama yang relatif lebih teoritis. Selain mambahas hal-hal dari permukaan jurnalisme gaya hidup yang mereka jalani, pembicara akan masuk lebih dalam pada bagian selanjutnya untuk membahas tentang etika dan kebermanfaatan jurnalisme gaya hidup ini dalam perspektif diri mereka sendiri, masyarakat, ataupun industri jurnalistik secara keseluruhan. Adapun pengisi acara di seminar sesi-2 yaitu:

Moderator: Yohana Margaretha (Presenter Berita Metro TV)
Pembicara: Lika Aprilia Samiadi (Editorial GM PT. MNC Tencent), Cahyo Agung Nugroho (Senior Editor Men’s Health Indonesia), Ruben William Steven Dalame (Senior Fashion & Features Editor ELLE Indonesia), dan Stanley Dirgapradja (Assistant Managing Editor for Fashion FIMELA.COM).

HTM

  • Seminar: Rp 35.000,-
  • Seminar + Training: Rp 90.000,-
  • Seminar + Media Visit: Rp 90.000,-
  • Seminar + Training + Media Visit: Rp 125.000,-

*Sudah termasuk sertifikat, goodie bag menarik, makan siang, coffee break, snack, dan tentunya pengalaman yang berharga dari pembicara dan trainer yang sangat insightful!

MEKANISME PEMBELIAN TIKET
Kamu bisa membeli tiket Journalist Days 2014 dengan tiga pilihan cara:

  1. Kunjungi booth tiket Journalist Days di Lobby Gedung A Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI mulai Senin, 13 April 2015 hingga Jumat, 17 April 2015.
  2. Pemesanan tiket ke Nabila (+62) 857-8133-6825 dengan format sms: (Nama_Asal Universitas/Umum_Pilihan acara)
  3. Pembelian online dengan mengakses http://bit.ly/daftarjd2015

Informasi lebih lanjut, follow @journalistdays, kunjungi website http://journalistdays2015.wordpress.com, atau hubungi Nabila (+62) 857-8133-6825 atau Cici (+62) 858-8344-2619.

Editorial Staff

Editorial Team at depokita.com