Bakti Sosial FIB UI 2013

Updated on 9 Nov 2013 @ 19:38 by Editorial Staff | 170 Views

baksos-fib-ui-2013

Bakti Sosial FIB UI merupakan salah satu wadah aksi nyata yang dilakukan oleh mahasiswa/i FIB UI. Program kerja ini merupakan program kerja turunan dari BEM FIB UI Divisi Sosial Masyarakat, yang memfasilitasi mahasiswa/i FIB UI untuk berkontribusi secara langsung kepada masyarakat, yang dilakukan dalam waktu setahun sekali. Di dalam program kerja ini, mahasiswa/i dapat bebas mengonsep bentuk bakti sosial yang diinginkan. Bebas di sini memiliki acuan, yaitu harus menginspirasi banyak pihak, baik kepada masyarakat maupun mahasiswa/i UI lainnya. Sebagai wujud bakti sosial kali ini, bentuk kegiatan yang ditawarkan berbeda dengan bakti sosial di tahun sebelumnya. Sebelumnya orang mengenal kegiatan bakti sosial sebagai kegiatan yang memberikan bantuan bersifat materi dan jangka pendek. Namun kali ini, kegiatan yang dibawa adalah program yang bersifat masyarakat binaan dan jangka panjang. Hal itu diwujudkan dengan program pembuatan bank sampah dan pembangunan taman bacaan.

Pembuatan bank sampah dimaksudkan untuk memberikan pendidikan lingkungan kepada masyarakat agar masyarakat bisa ikut andil dalam mengatasi masalah sampah dan memahami bahwa inti masalah dari sampah kota adalah sikap kepedulian masing-masing individu terhadap lingkungan. Masyarakat akan diajari bagaimana memilah sampah, mengolahnya dan memanfaatkannya, sehingga dapat merubah pandangan bahwa sampah bukanlah musibah melainkan anugerah. Kemudian, pembangunan taman bacaan dimaksudkan untuk memberikan tempat kepada target ajar berupa anak-anak usia sekolah dasar untuk bisa membaca buku dan mengikuti kegiatan pendidikan yang diberikan oleh mahasiswa/i. Kegiatan pendidikan tersebut berbentuk bimbingan belajar dan belajar sambil bermain. Dengan adanya taman bacaan tersebut, diharapkan target ajar menjadi hobi membaca buku, mendapatkan pengetahuan tambahan dan terbantu bila ada yang mengalami kesulitan dalam mata pelajaran tertentu. Untuk melihat perkembangannya, baik bank sampah maupun taman bacaan akan diberikan waktu pelaksanaan awal selama 6 bulan.

Dalam kesempatan tersebut, bakti sosial tahun 2013 membawa tema “Aksi Menginspirasi”. Gambaran yang diwujudkan dalam tema ini, terwujud dalam sisi internal dan eksternal. Dalam sisi internal, diharapkan bakti sosial mampu melahirkan kader-kader pejuang bakti sosial berikutnya yang lebih sadar akan lingkungan sekitar mereka. Seluruh mahasiswa/i UI, khususnya FIB, mampu melakukan aksi inspiratif yang berkaitan dengan isu lingkungan dan pendidikan. Kemudian untuk sisi eksternal, diharapkan bakti sosial mampu menanamkan kesadaran lingkungan kepada masyarakat dan mencetak agen-agen perubahan melalui pendidikan kepada anak-anak usia sekolah dasar.

Editorial Staff

Editorial Team at depokita.com