Galeri Foto Bedah Kampus UI 13

Updated on 2 Sep 2013 @ 15:18 by Editorial Staff | 364 Views

Bedah Kampus UI merupakan sebuah event pengenalan kampus Universitas Indonesia kepada siswa-siswi SMA. Sejalan dengan nama dan content acara BKUI 13, peserta BKUI 13 adalah siswa-siswi SMA dan sederajat dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Tahun 2012 ini Bedah Kampus sudah diselenggarakan untuk ke-13 kalinya pada tanggal 6-7 Oktober lalu. Acara Bedah Kampus UI ke-13 yang dihadiri oleh 15.000 peserta ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai fakultas apa saja yang dimiliki oleh Universitas Indonesia hingga jurusan di masing-masing fakultas tersebut.

Acara Bedah Kampus berlangsung selama dua hari dan tahun ini sukses menghadirkan 7.500 peserta setiap harinya. Hari pertama (Sabtu, 6 Oktober 2012) merupakan pengenalan fakultas dan jurusan-jurusan IPS yang ada di UI. Pada hari pertama juga diisi dengan bincang UI yang menghadirkan Iman Usman (mahasiswa berprestasi nasional 2012), Kahardityo (Perwakilan Humas UI) dan Tere (artis) di sesi pertama. Lalu, pada sesi kedua bincang UI diisi oleh Anastasia Praditha (Top 15 Miss Indonesia 2012), Ananda Ridwansyah (kemahasiswaan UI), Satya Heragaandhi (Presiden direktur PT. Sanggar Sarana Baja), dan Tasya Kamila (penyanyi). Pada Bincang UI ini seluruh peserta diberikaan penjelasan mengenai jalur masuk UI serta pengalaman para pembicara selama menempuh pendidikan di UI. Selain itu, dalam Bincang UI juga ditekankan bahwa siapa pun berhak masuk UI dan tidak perlu takut akan biaya pendidikan. Universitas Indonesia menjamin tidak akan mengeluarkan siapa pun dengan alasan biaya.

Kemudian, pada hari kedua (Minggu. 7 Oktober 2012) merupakan pengenalan fakultas dan jurusan-jurusan IPA yang ada di UI. Pada sesi Bincang UI di sesi pertama hadir Zaky Tifano (Juara 1 Bintang Pop UI), Ello (penyanyi), Arman Nefi (Ka. Subdit Kegiatan Penalaran, K2N, dan Pengembangan Soft Skill Mahaasiswa), Rose Mini (psikolog). Sedangkan di sesi kedua dihadiri oleh Mega Utami (artis), Dra. Kasiyah (Ka. Subdit Kesejahteraan Mahasiswa), Dipon Alam (Sekretaris kabinet Ri), dan Bona sardo (penyanyi). Dengan diundangnya public figure dalam Bincang UI diharapkan seluruh peserta dapat termotivasi untuk masuk UI karena selain berkuliah, UI juga memberikan kebebasan bagi mahasiswanya untuk mengembangkan minat dan bakat mereka di bidang apapun.

Selain diberi kesempatan untuk berkunjung ke stand jurusan, seluruh peserta juga diberi kesempatan untuk melakukan kunjungan fakultas ke seluruh fakultas di UI yang mereka minati. Selama kunjungan fakultas para peserta dibimbing oleh perwakilan mahasiswa dari fakultas yang bersangkutan untuk diberikan penjelasan mengenai fakultas tersebut. Informasi yang diberikan meliputi jurusan yang ada di fakultas bersangkutan, jalur masuk, hingga biaya pendidikan.

Pengenalan fakultas dan jurusan tidak hanya dilakukan melalui kunjungan fakultas maupun stand jurusan. Selama acara berlangsung, seluruh peserta juga disuguhi oleh penampilan dari setiap fakultas. Tujuannya sama yaitu untuk memberikan gambaran secara lebih mendalam mengenai keseluruhan jurusan dan fakultas yang ada di UI. melalui penampilaan di atas stage ini, peserta diajak untuk lebih melihat langsung kreativitas dari setiap fakultas.

Dengan kembali digelarnya Bedah Kampus UI ke-13 diharapkan akan membuka pandangan siswa-siswi kelas 12 SMA mengenai pendidikan di UI. Antusiasme siswa SMA untuk masuk UI terlihat dari jumlah peserta Bedah Kampus ini yang menembus angka 15.000. Sesuai dengan tagline acara Bedah Kampus di tahun ini, “Break Your Limit”, Universitas Indonesia menunggu calon-calon mahasiswa yang berani untuk menembus batas.

» Bedah Kampus UI 13

Editorial Staff

Editorial Team at depokita.com