Computer Festival 2012: Seminar IT Skala Nasional

Updated on 17 Sep 2013 @ 23:26 by CompFest | 125 Views

» 13–14 Oktober 2012

Computer Festival (CompFest) 2012 adalah salah satu acara besar berskala nasional yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (FASILKOM UI) di bidang teknologi informasi. Memasuki tahun keempatnya ini, CompFest 2012 mengusung tema “ATOMIC” yang merupakan singkatan dari Advancing the Atmosphere of Innovation and Education. Untuk tahun ini CompFest 2012 memiliki empat rangkaian acara yaitu Competition, Roadshow, Seminar, dan Expo.

Salah satu rangkaian acara dari Computer Festival 2012 yang dinanti-nantikan adalah Seminar CompFest 2012. Sesuai dengan tema CompFest tahun ini, maka topik-topik seminar kali ini akan dipenuhi dengan pembicaraan tentang inovasi-inovasi teknologi baik di bidang game development, telecommunication network, social media maupun di bidang-bidang seperti digital marketing dan online business. Seminar CompFest 2012 akan diadakan pada tanggal 13–14 Oktober 2012 dan bertempat di Auditorium Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia Lantai 6. Seminar CompFest tahun ini memiliki tema tersendiri yaitu “Innovation of Future Technology for Developing Human Needs“.

Seminar pertama berjudul “IT Innovation in Security and Efficiency of E-Commerce Transaction for Indonesian Local Business” akan diadakan pada hari Sabtu, 13 Oktober 2012 pukul 10.00-12.00 WIB. Seminar berdurasi 2 jam ini akan diisi oleh William Tanuwijaya, Co-Founder serta CEO Tokopedia.com, dan Aria Rajasa, CEO GantiBaju.com serta CEO tees.co.id. Seminar ini akan dipandu oleh Natali Ardianto, inisiator StartUp Lokal Community.

Seminar kedua berjudul “Innovation of Sentiment Analysis Technology in Developing Social Media“. Seminar ini akan diadakan pada hari Sabtu, 13 Oktober 2012 pukul 13.00-15.00 WIB. Seminar mengenai sentiment analysis ini akan diisi oleh Roby Muhamad, peneliti di bidang jejaring sosial, narasi, dan kecerdasan kolektif (teori demokrasi), Fakultas Psikologi Universitas Indonesia serta Co-Founder Akonlabs.com, dan Enda Nasution, managing director di SalingSilang.com. Seminar ini akan dipandu oleh Hisar Maruli Manurung, dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Seminar ketiga berjudul “Innovation of Open Base Transceiver Station as Telecommunication Solution“. Seminar ini akan diadakan pada hari Sabtu, 13 Oktober 2012 pukul 16.00-18.00 WIB. Seminar yang membahas teknologi berbasis open-source ini akan dibawakan oleh Onno W. Purbo, praktisi IT ahli di bidang ini dan dipandu oleh Mutiara Aisyah, konsultan web administrasi dari World Bank.

Seminar keempat yang berjudul “Innovation of Augmented Reality Mobile Games in Indonesia” akan diadakan pada hari Minggu, 14 Oktober 2012 pukul 10.00-12.00 WIB. Seminar yang berkaitan kuat dengan mobile games ini akan dibawakan oleh Narenda Wicaksono, Developer Manager Lead Nokia dan Aditia Dwiperdana, Academy Guild Master Agate Studio. Seminar ini akan dipandu oleh Putra Setia Utama, pendiri dan penulis di TeknoJurnal.

Seminar kelima yang berjudul “Innovation of Gamification as a Part of Digital Marketing“ akan diadakan pada hari Minggu, 14 Oktober 2012 pukul 13.00 WIB. Seminar ini akan dibawakan oleh Thomas Joseph, direktur PT Future Mediatrix dan akan dipandu oleh Rhein Mahatma, Pendiri StartUpBisnis.

Seminar keenam berjudul “Innovation of Cloud Computing to Support Indonesia’s UKM“. Seminar ini akan dilangsungkan pada hari Minggu, 14 Oktober 2012 pukul 16.00 WIB. Seminar ini akan dibawakan oleh Bimo Purbo, Solution Development Group Head TelkomSigma dan Shashidhar Savkur, Managing Director PT Hewlett-Packard Indonesia. Seminar ini akan dipandu oleh Alex Budianto, koordinator CloudIndonesia.

Keenam seminar ini bersifat GRATIS (FREE) dan terbuka untuk umum dengan kapasitas peserta di setiap seminar sebanyak 200 orang. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengunjungi tautan www.compfest2012.com/seminar. Pendaftaran hanya akan dibuka hingga tanggal 11 Oktober 2012. Calon peserta seminar diwajibkan untuk mengisi kolom motivation statement saat mendaftar. Hal ini ditujukan untuk melihat seberapa besar motivasi calon peserta seminar untuk menjadi saksi dari kemajuan inovasi teknologi di Indonesia dan akan menjadi bahan pertimbangan penyelenggara untuk menyeleksi pendaftar agar bisa mendapat kursi yang diinginkan.

Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi website Computer Festival 2012 di www.compfest2012.com, like Facebook Page Computer Festival 2012 di www.facebook.com/CompFest, dan follow Twitter Computer Festival 2012 di @CompFest.