Disability Screening and Discuss: Get Along Together For Better Future

Updated on 22 Apr 2015 @ 15:08 by Editorial Staff | 31 Views

Disability Screening and Discuss

Sebuah Screening Film dan Diskusi bersama Mahasiswa Okupasi Terapi Universitas Indonesia

Disabilitas adalah sebuah keadaan yang memayungi pelemahan, keterbatasan aktivitas, dan halangan dalam berpartisipasi seperti yang dikutip dalam laman WHO. Sekitar 15% dari jumlah penduduk di dunia adalah penyandang disabilitas. Sekitar 82% dari penyandang disabilitas berada di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia dan hidup di bawah garis kemiskinan dan kerap kali menghadapi keterbatasan akses atas kesehatan, pendidikan, pelatihan dan pekerjaan yang layak seperti dikutip dari ILO dalam Inklusi Penyandang Disabilitas di Indonesia.
Disabilitas tidak bisa dianggap hanya sekedar masalah kesehatan. Disabilitas adalah fenomena yang kompleks, yang mencerminkan interaksi dari tubuh seseorang dengan masyarakat tempat ia tinggal. Orang-orang dengan disabilitas memiliki kebutuhan yang sama dengan orang-orang yang tidak disabilitas. Pada dasarnya mereka membutuhkan intervensi agar tetap mampu menjalani hidupnya, namun di sisi lain, mereka juga ingin diperlakukan sebagai individu yang setara dan mandiri tanpa harus mengundang belas kasihan dari orang lain.

Mahasiswa Okupasi Terapi Universitas Indonesia bekerjasama dengan komunitas pencinta film dokumenter yang berpusat di kota Yogyakarta. Kegiatan ini berupa diskusi tentang disabilitas dan pemutaran film“Menanti Pelangi Pagi” yang menceritakan vokasional para penyandang disabilitas fisik dan mental.

Dengan mengusung tagline “Get Along Together for Better Future”, diharapkan lebih terbentuknya kesadaran setiap individu agar lebih aware terhadap mereka yang memiliki keterbatasan, memerangi diskriminasi di kalangan masyarakat dan menerima keberadaan mereka.

Disability Screening and Discuss akan dilaksanakan pada hari Rabu, 15 April 2015 bertempat di Cinema Room (lantai 1) Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia mulai pukul 13.00–16.30 WIB.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, kenali dan peduli dengan orang-orang penyandang disabilitas di sekitarmu bersama kami!

Editorial Staff

Editorial Team at depokita.com