Festi France Universitas Indonesia 2015

Updated on 14 Oct 2015 @ 14:51 by Editorial Staff | 168 Views

Mahasiswa Sastra Prancis Universitas Indonesia akan menyelenggarakan festival budaya Prancis yaitu FESTIFRANCE 2015 yang ditujukan kepada seluruh Mahasiswa Universitas Indonesia dan masyarakat umum. Pada tahun keempat ini, festival yang mengusung tema “Paris après minuit est magique” akan diadakan pada 15 hingga 16 Oktober 2015 bertempat di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Melalui tema ini, para pengunjung akan diajak “masuk” ke dunia seni Prancis yang memiliki kekuatan untuk menjadi penghubung semua orang di dunia; seperti yang terlihat dalam film Midnight in Paris.

Acara FESTIFRANCE 2015 terdiri dari Opening Ceremony, Les Pâtisseries Françaises, Workshop Bahasa atau L’atélier de la Langue Française, Le Concours de Chant, pemutaran film atau La Projection des Films, Le Séminaire de l’Opportunité du Travail, Workshop Parfum, Fashion Show, dan Le Spectacle de la Music atau pertunjukkan musik sebagai penutup seluruh rangkaian kegiatan acara.

Keindahan seni Prancis dapat dirasakan sejak opening ceremony FESTIFRANCE 2015 yang akan menampilkan tarian ala Prancis tahun 1920an dan musik akustik. Selanjutnya, pengunjung dapat menambah pengetahuan mengenai berbagai jenis kue khas Prancis sambil mencicipinya dalam kegiatan Les Pâtisseries Françaises yang diselenggarakan setelah opening ceremony FESTIFRANCE.

Selain itu, terdapat pula workshop bahasa Prancis bersama Kesaint Blanc yang diselenggarakan pada 15 Oktober 2015 dan workshop parfum yang diadakan pada 16 Oktober 2015. Melalui workshop bahasa, peserta akan diperkenalkan dengan konsep-konsep dasar berbahasa Prancis. Sedangkan dalam workshop parfum, peserta dapat memperoleh pengalaman membuat parfum sendiri dengan alat dan perlengkapan yang telah disediakan oleh Art Scent.

FESTIFRANCE 2015 juga mengundang para pelajar SMA, SMK, dan Sederajat se-jabodetabek untuk berpartisipasi dalam lomba menyanyi lagu bahasa Prancis (Le Concours de Chant) dan lomba cerdas cermat (Le Quiz Français) tentang bahasa serta kebudayaan Prancis. Pesertanya terdiri atas beberapa sekolah yang akan ikut berpartisipasi dan para pemenang lomba akan mendapatkan hadiah yang menarik. Rangkaian acara pada hari pertama FESTIFRANCE akan ditutup dengan pemutaran film-film Prancis yang tak kalah menarik dari film-film Hollywood.

Acara/kegiatan lain yang wajib dihadiri adalah Le Séminaire de l’Opportunité du Travail atau seminar tentang peluang kerja yang menjadi acara pembuka di hari kedua FESTIFRANCE. Peserta seminar, khususnya mahasiswa FIB, akan memperoleh wawasan mengenai peluang kerja yang disampaikan oleh CDC UI (Career Development Center Universitas Indonesia). Selain itu, peserta dapat pula mengetahui informasi mengenai jejak karir alumni FIB UI.

Fashion show merupakan acara unggulan FESTIFRANCE yang diselenggarakan pada 16 Oktober 2015. Tahun ini fashion show FESTIFRANCE mengangkat tema “Un jour de la mode” dengan menampilkan transisi gaya berpakaian/berbusana pagi hari hingga malam hari. Sebagai penutup dan puncak acara, FESTIFRANCE akan mengajak seluruh pengunjung untuk menikmati penampilan musik dari Elephant Kind, Moonbeams, Karolina, dan band-band indie lainnya.

Editorial Staff

Editorial Team at depokita.com