FISIP Summit 2012: One Step Ahead to Enhance Your Passion

Updated on 19 Nov 2012 @ 20:24 by Editorial Staff | 161 Views

 

 

Depok (30/6) – Masih banyak siswa SMA yang belum mengetahui “passion” mereka dan belum bisa menetapkan cita-cita di masa depan kelak. Maka dari itu, dibutuhkan arahan dan motivasi khusus yang dapat membuat mereka terinspirasi dan sukses pada nantinya. Hal inilah yang memprakarsai diselenggarakannya FISIP Summit 2012 pada hari Sabtu, 30 Juni 2012 di FISIP UI, Depok.

FISIP Summit adalah sebuah acara yang dipersembahkan oleh BEM FISIP UI bidang Keilmuan dengan target peserta siswa SMA kelas X-XII. Acara ini merupakan pre-event dari Olimpiade Ilmu Sosial 2012 (OIS 2012) yang nantinya akan diselenggarakan pada tanggal 1–7 September 2012. “One Step Ahead to Enhance Your Passion“ adalah tema yang diusung oleh FISIP Summit 2012. Acara ini bertujuan untuk memotivasi dan menginspirasi siswa SMA untuk mencapai cita-cita sesuai dengan passion yang dimiliki.

Sekurangnya 400 siswa SMA berbondong-bondong mendatangi acara ini. Meskipun target peserta hanya mencakup wilayah Jabodetabek tetapi kenyataannya ada juga peserta yang datang dari jauh, seperti Kebumen, Padang dan Bengkulu. Ratusan peserta ini dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu batch 1 dan batch 2. Kedua kelompok tetap akan mengikuti kegiatan yang sama, yang membedakan hanyalah pembicara pada saat talkshow saja.

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB. Batch 1 mengikuti educative talkshow yang menghadirkan Andhyta Firselly (Co-founder Indonesian Future Leaders (IFL), dan Universitas Indonesia’s Delegate for Harvard Model United Nations 2012) dan Amanda Zevannya (Alumni FISIP UI dan Runner-Up Miss Indonesia 2011) sebagai pembicara. Sementara Andriani Marshanda (aktris dan founder Inspire_Cast) dan Rahardika Arista (Mahasiswa Berprestasi FISIP UI 2011) mengisi sesi educative talkshow untuk batch 2. Kedua talkshow ini bertema sama, yaitu mengupas bagaimana cara memilih jurusan kuliah dan lapangan kerja sesuai dengan passion yang dimiliki. Sesi talkshow berjalan dengan sangat interaktif karena banyak sekali peserta yang tertarik untuk bertanya. Sebagai selingan, terdapat penampilan dari himpunan-himpunan mahasiswa jurusan yang ada di FISIP agar peserta terhibur dan tidak merasa bosan.

Selain itu, terdapat pula kegiatan Bike on Tour, di mana peserta dapat merasakan mengayuh sepeda kuning yang biasanya hanya diperbolehkan untuk mahasiswa UI saja. Peserta Bike on Tour mengelilingi lingkungan UI ditemani dengan pemandangan hijau dan udara yang segar. Peserta terlihat semangat dan masih enerjik untuk mengikuti rangkaian acara selanjutnya.

Jika di dalam talkshow para peserta masih penasaran dan bertanya-tanya mengenai jurusan yang diminati, maka di sesi Class Simulation para peserta dapat merasakan langsung suasana dan bahan ajar perkuliahan, layaknya mahasiswa FISIP UI sungguhan. Simulasi ini akan dibagi ke dalam delapan kelas paralel sesuai dengan jumlah mata jurusan yang ada di FISIP UI, yaitu kelas Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Kesejahteraan Sosial, Sosiologi, Ilmu Administrasi, Kriminologi, dan Antropologi. Pada sesi ini, para peserta mendapatkan gambaran secara umum mengenai jurusan yang dipilih dari mahasiswa berprestasi dari jurusan yang bersangkutan.

Sebagai pelengkap, di akhir acara terdapat sesi SNMPTN Tips and Trick yang dibawakan oleh Fauzan Al Rasyid, Project Officer GRAFITY (Get Ready for FISIP UI Tryout) FISIP UI 2009. Dalam sesi ini, peserta diberikan materi mengenai trik jitu menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Dengan terselenggaranya FISIP Summit 2012 ini, diharapkan para peserta dapat benar-benar menjadi terpacu motivasinya sehingga bisa menambah semangat mereka untuk berjuang menggapai cita-cita sesuai dengan passion yang dimiliki.