Gizi untuk Bangsa II: Menebar Ilmu, Membangun Negeri

Updated on 25 Sep 2013 @ 13:28 by Editorial Staff | 216 Views

Program Studi Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) telah sukses menyelenggarakan seminar diseminasi “Gizi untuk Bangsa II: Menebar Ilmu, Membangun Negeri” pada 3–5 September 2013 di FKM UI, Depok. Kesuksesan acara ini terlihat dari jumlah peserta yang membanjiri lokasi seminar sejak pukul 08.00 WIB untuk mengantri di area registrasi hingga selesai acara pukul 15.00 WIB selama 3 hari berturut-turut. Berdasarkan formulir registrasi, diketahui jumlah peserta seminar mencapai 438 orang yang berasal dari berbagai instansi, seperti Institut Pertanian Bogor, UPN Veteran Jakarta, UHAMKA, Poltekkes Jakarta 2, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Indonesia.

Acara seminar diawali dengan Opening Ceremony pada 3 September 2013 di Ruang Promosi Doktor FKM UI yang dihadiri oleh para undangan dan tamu. Acara dipandu oleh dua orang MC, yaitu Riefyan Adhi dan Clara Nadya Puspasari, mahasiswa Program Studi Gizi FKM UI. Dilanjutkan dengan keynote speech dari drg. Yani Suryani, M.Kes (Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta), Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD(K) (Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Kerjasama Industri), dan Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc, Ph.D (Tracer Study Career Development Center UI). Kemudian acara dibuka secara resmi dengan pemukulan gong oleh Prof. Dr. dr. Kusharisupeni, M.Sc selaku Ketua Departemen Gizi FKM UI. Opening Ceremony juga tidak luput dari kehadiran para dosen pengajar Program Studi Gizi FKM UI yang berkontribusi besar dalam acara ini, antara lain Dr. Ir. Asih Setiarini, M.Sc; dr. H. Engkus Kusdinar Achmad, MPH; Dr. Ir. Diah M. Utari, M.Kes; Dr. Fatmah SKM, M.Sc; Triyanti, SKM, M.Sc; Ir. Siti Arifah Pujonarti, MPH; dan Wahyu Kurnia, MKM. Acara juga dihadiri oleh tamu-tamu undangan, seperti, Dr. dr. Zainal Abidin, Internist, DSM, Sp.GK (Ketua Bidang Sport Science dan IPTEK KONI Pusat), Dr. Susianto, MKM (Ketua Indonesia Vegetarian Society) dan Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH (Kepala Career Development Center UI).

Terdapat 90 judul penelitian yang dipresentasikan selama tiga hari berturut-turut. Topik-topik penelitian yang disampaikan meliputi:

  1. ASI
  2. Pola Makan
  3. Model Prediksi Status Gizi
  4. Status Gizi (Ibu, Bayi, Balita, Anak Usia Sekolah, Remaja, Dewasa),
  5. Status Gizi dan Kecerdasan
  6. Gizi dan Status Menarche
  7. Kegemukan dan Obesitas
  8. Gizi dan Penyakit Degeneratif
  9. Kebugaran
  10. Teknologi Pangan
  11. Label Pangan
  12. Gizi dan Vegetarian
  13. Hazard Analysis and Critical Control Point.

Penelitian dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia, antara lain Sumatera Barat, Pekanbaru, Palembang, Lampung, Serang, Tangerang, DKI Jakarta, Bekasi, Cikarang, Depok, Bogor, Purwakarta, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Tegal, Purworejo, Magelang, Probolinggo, Malang, Surabaya, dan Sulawesi Selatan. Presentasi hasil penelitian dilakukan melalui konsep seminar paralel. Pada hari pertama dan kedua, terdapat dua sesi seminar (pagi dan siang) yang masing-masing terdiri dari empat panel yang dilaksanakan di empat ruangan berbeda pada waktu yang bersamaan. Pada hari ketiga, terdapat satu sesi seminar dengan sistem yang sama. Pembicara seminar adalah mahasiswa Gizi FKM UI sebagai peneliti, dipandu oleh satu orang dosen sebagai moderator.

Jumlah peserta yang mengikuti seminar pada hari pertama diketahui mencapai 159 orang, hari kedua 189 orang, dan hari ketiga 90 orang. Kapasitas peserta di setiap ruangan seminar masing-masing berkisar antara 20–25 peserta. Peserta mendapatkan seminar kit berupa souvenir dari sponsor dan media partner acara. Selain itu, peserta juga dapat membeli buku dan CD kumpulan abstrak penelitian yang sudah dipesan melalui sistem pre-order. Dengan demikian, tujuan dari seminar “Gizi untuk Bangsa II: Menebar Ilmu, Membangun Negeri” untuk menyebarluaskan hasil penelitian mahasiswa Gizi FKM UI telah tercapai.

Editorial Staff

Editorial Team at depokita.com