History Fair 2012

Updated on 29 Oct 2012 @ 22:01 by Editorial Staff | 195 Views

History Fair (HF) adalah sebuah event tahunan yang diselenggarakan oleh Studi Klub Sejarah Universitas Indonesia (SKS UI). Tema-tema yang diusung pun tak jauh dari ranah sejarah namun dikemas dalam bungkus budaya pop agar menarik dan tidak eksklusif. Tahun ini History Fair kembali diadakan dengan membawa tema “Sejarah dan dinamika Perkomikan Indonesia”. Tema ini diusung karena melihat perkembangan komik Indonesia yang sedang maju dan mulai menarik perhatian masyarakat, serta ingin ikut menggencarkan dan mempopulerkan komik Indonesia pada kalangan umum khususnya kaum pelajar, mahasiswa dan penggiat komik di Indonesia.

Konten acara History Fair 2012 ini sangat beragam. Selain seminar “komik sebagai bagian kebudayaan Indonesia”, talkshow, dan workshop yang diisi oleh narasumber yang profesional di bidang perkomikan (Beng Rahadian, Benny Rahmadi & Muhammad Misrad (Mice), dan Seno Gumira Adjidharma), History Fair juga menyelenggarakan bermacam-macam perlombaan yang bisa diikuti oleh pelajar SMA, seperti: lomba membuat komik sejarah dan lomba cepat tepat sejarah. Tak hanya itu, di History Fair 2012 ini juga akan ada festival band untuk umum yang nantinya akan ditutup dengan penampilan salah satu band populer Indonesia.

Namun dari seluruh rangkaian kegiatan History Fair 2012, bagian yang menjadi salah satu acara puncak adalah pemutaran film dengan layar tancap yang sudah menjadi tradisi acara History Fair dari tahun ke tahun. Film yang ditayangkan juga berhubungan dengan tema acara, yaitu film adaptasi komik Indonesia yang cukup terkenal pada tahun 1984 “Golok Setan” karya Ratno Timoer.

Seluruh rangkaian acara ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 23–24 Oktober 2012 dan akan bertempat di kampus Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI), Depok.