Indosat Wireless Innovative Contest 8 Sentuh Penyandang Disabilitas

Updated on 25 Jul 2014 @ 16:04 by Editorial Staff | 98 Views

Jakarta, 23 Juli 2014 – Indosat Wireless Innovative Contest (IWIC) memasuki penyelenggarannya yang ke-8 di tahun ini. Mengangkat tema The Internet of Things, IWIC 8 menambahkan satu kategori khusus yaitu ide aplikasi mobile untuk penyandang disabilitas. Kategori ini membuka kesempatan untuk teman-teman yang memiliki keterbatasan fisik maupun khalayak umum yang memiliki kepedulian terhadap para penyandang disabilitas untuk mengikuti ajang kompetisi aplikasi mobile pertama di Indonesia ini.

Dalam rangka hal ini, Indosat menggandeng Kartunet (Karya Tunanetra) sebagai komunitas yang mewadahi pengembangan minat dan bakat para penyandang disabilitas di Indonesia untuk ikut mensosialisasikan dan meramaikan IWIC, antara lain melalui Focus Group Discussion (FGD). FGD yang digelar di kantor pusat PT Indosat pada 18 Juli ini dihadiri oleh 80 orang penyandang disabilitas, baik tunanetra, tunarungu, maupun tunadaksa yang sangat antusias mengikuti kompetisi IWIC 8. Pada FGD tersebut, para penyandang disabilitas dipandu untuk bersama-sama membuat proposal dan melakukan pendaftaran di website IWIC 8, www.indosat.com/iwic.

Adrian Prasanto, Division Head Public Relations mengatakan, “Peran Internet yang sudah memasuki seluruh bagian kehidupan manusia sangat dibutuhkan oleh teman-teman penyandang disabilitas. Bagaimana aplikasi mobile dan ICT bisa banyak mendukung mereka yang memiliki keterbatasan fisik dan Indosat sepenuhnya mendukung hal ini.”

“Dengan adanya IWIC ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran bagi masyarakat umum yang ingin memberikan ide-ide untuk membantu kaum penyandang disabilitas melalui teknologi informasi. Bagi penyandang disabilitas sendiri, IWIC menjadi wadah bagi teman-teman yang mempunyai ide sesuai dengan kebutuhan yang dirasakan.“, tambah Dimas Prasetyo Muharam, Public Relations Kartunet.

Gathering bersama Komunitas Developer Bandung

Kegiatan roadshow di minggu ke-2 Juli 2014 digelar di kota kembang Bandung. Acara yang dihadiri oleh sekitar 100 developer ini berlangsung interaktif dengan menghadirkan berbagai narasumber baik dari Indosat, Founder Institute dan salah satu pemenang IWIC, yaitu Andry Jiang yang memberikan semangat serta berbagi pengalaman ikut serta dalam IWIC.

Gathering bersama Surabaya Web Community (SuWec)

Surabaya Web Community (SuWec) merupakan komunitas para pelaku industri web yang ada di Surabaya. Beragam profesi bidang internet hadir dalam komunitas ini. Di antaranya dalam bidang web development, web server, internet marketing, e-commerce, online media, blogger, online content marketing, social media marketing, dan lain-lain. Roadshow IWIC di kota pahlawan ini dihadiri oleh lebih dari 80 anggota komunitas dan berlangsung sangat interaktif dan komunikatif. Dalam gathering ini, selain dihadiri oleh Indosat sebagai narasumber progam IWIC, acara ini juga dihadiri oleh pembicara dari Ideabox dan salah satu pemenang IWIC yaitu Minghadi Suryajaya.

Tentang IWIC

Memasuki tahun ke 8, IWIC tahun 2014 mengangkat tema The Internet of Things. Diluncurkan pada 25 Juni lalu, IWIC 8 membuka kesempatan bagi para technoprenuer untuk mengirimkan karyanya dalam bentuk proposal maupun aplikasi sampai dengan 30 September 2014. Kategori yang tersedia pada penyelenggaraan IWIC 8 ini yaitu kategori Ideas dan kategori Apps yang terdiri dari sub-kategori communications, lifestyle, education, multimedia & games, utility (tools & security), serta kategori Khusus yaituIdeasuntuk para penyandang disabilitas. Para peserta berkesempatan mendapatkan hadiah ratusan juta rupiah, puluhan gadget terbaru, mengikuti bootcamp, pendanaan melalui Crowtivate dan beasiswa di Founder Institute.  Pendaftaran akan ditutup pada 30 September 2014 mendatang.

Editorial Staff

Editorial Team at depokita.com