Kajian Akbar: Peran Partai Politik Islam di Indonesia

Updated on 17 May 2013 @ 10:47 by Editorial Staff | 778 Views

KajianAkbar

Seperti tombak bermata ganda, nilai agama dapat menjadi senjata yang melindungi demokrasi suatu bangsa. Namun di sisi lain, ketika penjabaran nilai agama tidak diterjemahkan dengan baik melalui perilaku berpolitik para aktornya, pada akhirnya justru menyebabkan hilangnya esensi demokrasi.

Tarik menarik semacam ini, terjadi pula dalam politik Indonesia. Dengan mayoritas penduduknya penganut agama Islam, parpol berbasis nilai Islam banyak bermunculan. Kemudian muncul pertanyaan: akankah nilai keislaman yang masuk dalam dunia politik menjadi sebuah solusi dari masalah politik Indonesia? atau keberadaan mereka justru menimbulkan masalah?

Melihat situasi di Indonesia topik ini relevan untuk dikaji lebih lanjut. Apalagi saat ini merupakan momen mendekati pergantian kekuasaan di lembaga pemerintahan legislatif dan eksekutif. Departemen Penuansaan Islam Forum Studi Islam (FSI) FISIP UI mengambil inisiatif untuk mengangkat topik ini dalam Kajian Akbar dengan tema: Fungsi Peran Partai Politik Islam di Indonesia.

Dengan judul Partai Politik Islam, Solusi atau Masalah?, seminar pemahaman peran parpol islam akan diselenggarakan pada Rabu, 15 Mei 2013, pukul 14.00–18.30 WIB di Auditorium Juwono Sudarsono Lt.2 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI).

Berbagai pembicara ahli dibidang politik pun di hadirkan. Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra, Ketua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang (PBB). Hadir pula Hermawan Eriadi, M.Si, Sekretaris Badan Pengembangan Kepemimpinan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS Direktur Eksekutif Lead Research, dan anggota dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Republik Indonesia. Selain itu, Firman Noor, Ph.D juga akan mengisi kajian akbar kali ini. Beliau adalah dosen Departemen Ilmu Politik FISIP UI, juga sebagai peneliti kajian politik di Lembaga Ilmu Politik Indonesia (LIPI) Pusat.

Ditujukan kepada kelompok muda, kajian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara utuh mengenai peran parpol berbasis agama, khususnya Islam, dalam ruang demokrasi Indonesia. Ayo lebih kritis!

Untuk registrasi, kirim SMS dengan format: KA_Nama_Institusi, ke nomor (+62) 816-3237-3400. Informasi lebih lanjut, hubungi Rangga (+62) 816-3237-3400.

Editorial Staff

Editorial Team at depokita.com