Sponsored Content

Keren Tanpa Rokok (2): 7 Kawasan Bebas Rokok

Posted on 10 Sep 2012 | 345 Views

Merokok merupakan kebiasaan yang berbahaya, baik bagi perokok aktif maupun pasif. Oleh karena itu, berdasarkan Surat Edaran nomor 40/874-Huk/2008 tertanggal 18 Juni, Wali Kota Depok Dr. Ir. H. Nur Mahmudi Isma’il, M.Sc memutuskan membuat larangan merokok di 7 kawasan ‘Bebas Rokok': ruangan atau area yang dinyatakan dilarang untuk merokok. Berikut ini 7 kawasan bebas rokok tersebut.

1. Tempat umum
Tempat umum adalah sarana yang diselenggarakan oleh Pemerintah, swasta, atau perorangan yang digunakan untuk kegiatan bagi masyarakat, termasuk tempat umum milik Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, gedung perkantoran umum, serta tempat pelayanan umum antara lain terminal, terminal busway, bandara, stasiun, mall, pusat perbelanjaan, pasar serba ada, hotel, restoran, dan sejenisnya.

2. Tempat kerja
Tempat kerja adalah ruang tertutup yang bergerak atau tetap di mana tenaga kerja bekerja atau tempat yang sering dimasuki tenaga kerja dan tempat sumber-sumber bahaya termasuk kawasan pabrik, perkantoran, ruang rapat, ruang sidang/seminar, dan sejenisnya.

3. Angkutan umum
Angkutan umum adalah alat angkutan bagi masyarakat yang dapat berupa kendaraan darat, air, dan udara termasuk di dalamnya taksi, bus umum, busway, mikrolet, angkutan kota, Kopaja, Kancil, dan sejenisnya.

4. Tempat ibadah
Tempat ibadah adalah tempat yang digunakan untuk kegiatan keagamaan, seperti mesjid termasuk mushola, gereja termasuk kapel, pura, wihara, dan kelenteng.

5. Arena kegiatan anak-anak
Arena kegiatan anak-anak adalah tempat atau arena yang diperuntukkan untuk kegiatan anak-anak, seperti tempat penitipanan anak (TPA), tempat pengasuhan anak, arena bermain anak-anak, atau sejenisnya.

6. Tempat proses belajar-mengajar
Tempat proses belajar mengajar adalah tempat proses belajar-mengajar atau pendidikan dan pelatihan termasuk perpustakaan, ruang praktik atau laboratorium, museum, dan sejenisnya.

7. Tempat pelayanan kesehatan
Tempat pelayanan kesehatan adalah tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya kesehatan, baik yang dilakukan oleh Pemerintah maupun masyarakat, seperti rumah sakit, Puskesmas, praktik dokter, praktik bidan, toko obat atau apotek, pedagang farmasi, pabrik obat dan bahan obat, laboratorium, dan tempat kesehatan lainnya, antara lain pusat dan/atau balai pengobatan, rumah bersalin, balai kesehatan ibu dan anak (BKIA).

Adapun tujuan dibuatnya Kawasan Dilarang Merokok ini sebagai berikut.

  • Untuk menurunkan angka kesakitan dan/atau angka kematian dengan cara mengubah perilaku masyarakat untuk hidup sehat.
  • Meningkatkan produktivitas kerja yang optimal.
  • Mewujudkan kualitas udara yang sehat dan bersih bebas dari asap rokok.
  • Menurunkan angka perokok.
  • Mencegah perokok pemula dan mewujudkan generasi muda yang sehat.

(Surat Edaran Walikota Depok 40/874-HUK/2008 dan berbagai sumber online)
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok – 2012

Gambar: sxc.hu

depokita.comKeren Tanpa Rokok (2): 7 Kawasan Bebas Rokok