Korean Culture Day 2013
“SEOLLAL: A CELEBRATION OF KOREAN’S NEW YEAR”

Updated on 29 Sep 2013 @ 10:50 by Editorial Staff | 354 Views

Korean Culture Day (KCD) adalah acara tahunan yang diadakan oleh mahasiswa jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea (BKK), Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, semenjak tahun 2008. Sejauh ini, KCD telah dilaksanakan sebanyak empat kali dan KCD 2013 menjadi KCD kelima sekaligus yang terbesar yang pernah ada.

KCD tahun ini akan diadakan pada Sabtu, 20 April 2013, di Balairung UI, Depok, mulai pukul 10.00 WIB hingga 18.00 WIB.  KCD 2013 mengangkat tema ‘Seollal’, yaitu perayaan tahun baru Korea. Pengambilan tema ini karena panitia KCD ingin memperkenalkan serunya festival tahunan terbesar Korea tersebut, selain menyuguhkan budaya tradisional dan modern Korea untuk para pengunjung KCD yang bukan hanya penikmat Korea tapi juga mereka yang ingin lebih mengetahui tentang Korea; sama seperti perayaan Seollal yang menjadi penyatu budaya tradisional dan modern Korea yang dipertunjukkan kepada khalayak baik orang Korea maupun non-Korea.

Acara yang akan disuguhkan yaitu tarian-tarian tradisional Korea, berupa Buchaechum, Kalchum, Sogochum, dan Talchum. Ada pula Samanori yang merupakan gabungan budaya Indonesia & Korea, yaitu tari Saman dan musik Samulnori. Semua pertunjukkan tersebut akan dibawakan oleh mahasiswa/i BKK UI, kecuali Buchaechum yang kali ini akan dibawakan oleh tim Hansamo Bandung yang juga akan membawakan Bboy. Disamping itu ada pula penampilan berbau modern dari  para finalis lomba Singing dan Dance Cover KCD 2013, Navichi, Rosemary Marian, Little Lamb, Arumba BIPA, parodi mahasiswa/i BKK UI dan orkestra Mahawaditra UI. Ada pula talkshow berjudul “Gaya Hidup Pemuda Korea: Pendidikan, Pergaulan, dan Fashion”. Dipenghujung acara akan ada penampilan spesial dari S4 yang khusus didatangkan untuk para penonton KCD.

Selain penampilan di panggung, ada pula pameran bertemakan barang-barang khas Korea, education fair berisikan universitas-universitas di Korea, make-up class oleh brand kecantikan Korea, donor darah PMI, bazar, lomba makan kimchi gratis dan lomba mading bertemakan ‘Seollal’. Yang lebih spesial lagi tahun ini adalah 10% dari setiap hasil pejualan tiket seharga Rp. 20.000,00 akan disumbangkan kepada lembaga yang membutuhkan.

Sesuai dengan konsep acara tahun ini yaitu “Fun, Educative and Meaningful”, hanya di KCD semua pengunjung yang datang bisa bersenang-senang sambil menambah ilmu dan beramal untuk sesama.

Untuk informasi pembelian tiket, dapat menghubungi Leoni (+62) 896-3766-1573, Annisa (+62) 857-1119-8504, atau Suci (+62) 821-1029-1593.

Editorial Staff

Editorial Team at depokita.com