Korean Culture Day 2015: Music Brings Us Here

Updated on 22 Apr 2015 @ 15:08 by Editorial Staff | 107 Views

KOREAN CULTURE DAY 2015

Korean Culture Day (KCD) adalah acara tahunan yang diadakan oleh mahasiswa jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea (BKK), Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, semenjak tahun 2008. Sejauh ini, KCD telah dilaksanakan sebanyak tujuh kali dan KCD 2015 menjadi KCD kedelapan sekaligus yang terbesar yang pernah ada, karena ditahun ini KCD juga akan membuat pre-event yang diberi nama Korean Mini Fair (KMF) dan dalam KCD tahun konten acara tahun ini akan lebih banyak dan mengundang guest star yang langsung didatangkan dari Korea Selatan.

KCD tahun ini akan diadakan pada 18 April 2015 di Balairung Universtas Indonesia, Depok, mulai pukul 10.00 WIB hingga selesai. KCD 2015, mengangkat tema “Music Brings Us Here”. Pengambilan tema ini didasari oleh kepercayaan kami selaku panitia pelaksana Korean Culture Day 2015 bahwa musik adalah bahasa universal yang mampu diterima oleh banyak orang dengan latar belakang, karakter, serta pemikiran berbeda. Dalam acara ini kami percaya para pengunjung dapat menjadi satu dan terhibur dengan berbagai pertunjukkan dan acara yang kami sajikan.

Dalam Korean Culture Day 2015 akan disuguhkan berbagai pertunjukan seperti, Sinden dengan lagu Korea, disusul dengan Talchum yaitu tarian traditional Korea yang akan dibawakan oleh mahasiswa Bahasa dan Kebudayaan Korea, serta penampilan dari Gukgasarang, yaitu perkumpulan orang-orang Korea yang tinggal di Indonesia dan tergabung dalam komunitas seni tradisional Korea, seperti Samulnori. Selain penampilan-penampilan yang bernuansa tradisional, di KCD 2015 juga terdapat penampilan yang bernuansa modern seperti Singing dan Dance Cover KCD 2015 dari para finalis lomba, penampilan paduan suara dari murid-murid TK Little Lamb, Arumba BIPA. Ada pula parodi yang akan ditampilkan oleh mahasiswa/iBKK UI, dan Taekwonmu, yaitu gabungan seni bela diri Korea (Tekwondo) dengan diiringi musik. Tidak hanya penuh dengan hiburan, dalam KCD 2015 ini kami juga akan memberikan informasi-informasi seputar Korea yang berguna dan pastinya menarik bagi para pengunjung lewat sesi talkshow, dengan narasumber yang informatif dan atraktif sehingga sayang untuk dilewatkan. Lalu Dipenghujung acara akan ada penampilan dari ERU yang merupakan Guest Star KCD 2015.

Selain pertunjukkan-pertunjukkan seru seperti yang telah disebutkan di atas , pengunjung KCD 2015 juga dapat menikmati konten acara kami yang lain yaitu pameran-pameran yang berkaitan dengan tema KCD 2015 “Music Brings Us Here”, education fair dari universitas-universitas di Korea, dan sesuai tema kami yang berhubungan dengan musik, KCD tahun ini akan membuka Kelas Musik Korea dimana para pengunjung dapat mengenal dan belajar cara memainkan alat musik tradisional Korea. Bukan hanya itu para pengunjung tidak akan merasa bosan dan kehabisan cara untuk menikmati acara KCD 2015 karena akan ada bazaar yang menjual makanan dan produk-produk Korea, serta Photo Booth Hanbok dimana para pengunjung dapat berfoto dengan baju tradisional Korea yang indah dengan harga yang murah. Pada tahun ini KCD kembali mengadakan lomba-lomba seru yatu dance and singing cover, fotografi, lomba mirip artis Korea, dan lomba makan Kimchi dengan hadiah yang sangat fantastis. Setelah acara Korean Culture Day berakhir, kami akan menyumbangkan 10% dari hasil penjualan tiket ke lembaga yang membutuhkan.

Kami percaya Korean Culture Day 2015 yang bertema “Music Brings Us Here” mampu membuat para pengunjung KCD tahun ini merasa terhibur, dan menjadi kenangan yang indah tak terlupakan. Dan yang terpenting acara ini tidak hanya dapat membuat setiap pengunjungnya merasa terhibur, tetapi lewat acara ini orang-orang yang datang dapat mengetahui lebih dalam tentang seluk beluk Korea di bidang kesenian, budaya, serta musiknya.

Editorial Staff

Editorial Team at depokita.com