Meminimalisasi Dampak Video/Online Game

Posted on 1 Dec 2012 | 80 Views

Bermain video/online game memiliki manfaat positif dan dampak negatif. Peran orangtua diperlukan agar dapat meminimalisir dampak negatif pada anak. Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan orangtua untuk menghadapi anak yang bermain video/online game.

Membuat aturan

Dalam kegiatan sehari-hari, orangtua menetapkan beberapa aturan yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh anak. Sama halnya dengan bermain video/online game, orangtua perlu menetapkan beberapa aturan agar anak terhindar dari dampak negatif.

Aturan yang dapat ditetapkan oleh orangtua antara lain mengenai batasan waktu bermain dalam sehari/seminggu, dengan siapa anak boleh bermain/berinteraksi selama bermain video/online game, dan mengingatkan anak untuk tidak memberikan informasi pribadi.

Selain aturan, anak juga perlu diajarkan pengetahuan dasar ber-internet, termasuk hal-hal buruk apa saja yang mungkin akan dihadapi oleh anak selama bermain video/online game. Dengan gambaran tersebut, diharapkan anak dapat menghindari dan mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Apabila memungkinkan, dampingi dan bermainlah video/online game bersama anak, khususnya ketika anak bermain game baru. Orangtua dapat mengetahui seperti apa game yang dimainkan oleh anak, apakah sesuai atau tidak dengan umur dan perkembangan anak, dan menjadi teman.

Memilih Game yang Sesuai

The Entertainment Software Rating Board (ESRB) adalah organisasi yang bertugas untuk melakukan analisis dan memberikan penilaian/pelabelan video game. Orangtua dapat mempertimbangkan label-label ESRB ini dalam menentukan game untuk anaknya. Berkut ini sistem pelabelan ESRB.

  • EC-Early Childhood (3-6 tahun)
  • E-Everyone (semua umur)
  • E10+ (10 tahun ke atas)
  • T-Teen (13 tahun ke atas)
  • M-Mature (17 tahun ke atas)
  • AO-Adults Only (Dewasa)
  • RP-Rating Pending

Untuk game berbasis online, ESRB tidak memberikan rating karena banyak kemungkinan yang dapat terjadi pada saat para pemain berinteraksi, sehingga rating dapat terus berubah sewaktu-waktu. Karena itu, orangtua dapat mencari referensi dari sumber-sumber lainnya mengenai video/online game. Di Internet banyak situs-situs yang mengulas video/online game, di antaranya terdapat ulasan-ulasan mengenai video/online game yang aman untuk anak sesuai dengan umur dan perkembangannya. Berikut ini beberapa situs yang dapat dijadikan referensi.

Cara lain yang dapat dilakukan orangtua dalam mencari referensi adalah dengan berdiskusi dengan orangtua lain. Dengan berdiskusi, orangtua mendapatkan masukan, saran, dan referensi mengenai video/online game yang diberikan orangtua lain kepada anaknya beserta alasan kenapa dipilih video/online game tersebut.

(Dari berbagai sumber online)
(gambar: sxc.hu)

depokita.comMeminimalisasi Dampak Video/Online Game