Pekan Budaya Jawa 2014

Updated on 1 Nov 2014 @ 0:00 by Editorial Staff | 161 Views

Pekan Budaya Jawa 2014

Acara Pekan Budaya Jawa (PBJ) Universitas Indonesia akan diselenggarakan pada tanggal 29, 30, dan 31 Oktober di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Dengan mengangkat tema “Ngumbara ing Tlatah Jawa”, yang dapat diartikan sebagai berpetualang menikmati keindahan budaya di Tanah Jawa secara keseluruhan.

PBJ ditujukan untuk memperkenalkan kekayaan juga kearifan budaya Jawa, memperkenalkan potensi wisata budaya Jawa secara umum, juga meningkatkan ketertarikan masyarakat pada umumnya dan mahasiswa secara khusus terhadap budaya Jawa.

Pada tanggal 29 Oktober akan diselenggarakan lomba Tari Jawa Tradisional Kreasi tingkat Universitas se-pulau Jawa dengan juri Nungki Kusumastuti (Penari), F.X Rahyono (Dosen Program Studi Jawa FIB UI), dan Sani Soorjo (Koreografer Nartana Buddhaya FIB UI). Lomba tari akan dimulai pada pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai.

Pada tanggal 30 Oktober akan diadakan Talkshow yang mengangkat tema “Plesiran ing Tlathah Jawa”, dengan pembicara Ramon Y. Tungka (pembawa acara 100 Hari Keliling Indonesia, Kompas TV), Tazbir (Direktur Pariwisata bagian Domestik Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), dan M. Rizky (founder Kompas Khatulistiwa). Talkshow dimulai pada pukul 12.30 WIB hingga pukul 14.30 WIB.

Setelah talkshow akan diselenggarakan Pertunjukan Drama Tradisional (Matra) yang bekerjasama dengan Sekar Budaya Nusantara dengan mengangkat lakon Panembahan Senapati; Fajar Surya Mataram. Dengan tiket masuk seharga sepuluh ribu rupiah.

Sedangkan pada tanggal 31 Oktober akan diselenggarakan Panggung Musik dengan 90 horse power, MRT, Siboy, Sekar Sriwedari, Hamba Allah, Street Walker dan Ten2Five sebagai pengisi acaranya. Yang akan dimulai pada pukul 18.15 WIB.

Acara Pekan Budaya Jawa disponsori oleh BCA, MnC Group, Sekar Budaya Nusantara, Dinas Pariwisata DKI Jakarta. Didukung oleh Univ.Indoneisa, Wardah, Suku Dinas Budaya dan Pariwisata Jakarta Timur, Al4e Cafe, Kompas Khatulistiwa, Pagi Buta, Nartana Buddhaya, GreenSmile, Taman Mini Indonesia Indah, SALVO, SJC, W’dank. Dengan rekan media: CosmoGirl, RTC UI, Suara Mahasiswa, Sobat Budaya, Radio ITB, JakCulture, Paseban.com, Promobdg, Depoklik.com, anakUI.com, depokita.com, Kompas Kampus.

Editorial Staff

Editorial Team at depokita.com