Pharmacy Festival (PHARFEST)

Updated on 29 Sep 2014 @ 0:00 by Pharmacy Festival | 143 Views

Pharmacy Festival

Pharmacy Festival (PHARFEST) adalah satu acara terbesar yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Farmasi Universitas Indonesia. PHARFEST 2014 mengangkat tema “The Art of Living Healthy through Technology” bertujuan untuk meningkatkan pola pikir dan kreativitas masyarakat, khususnya mahasiswa farmasi melalui adanya kompetisi ilmiah & seni. Selain itu dengan diadakannya Seminar Nasional diharapkan meningkatnya wawasan peserta mengenai teknologi nanopartikel pada pembuatan produk kefarmasian dan penggunannya dalam terapi penyakit degeneratif.

Pada 20 & 21 September 2014 akan diselenggarakan Workshop Bioavabilitas-Bioekivalensi (BA-BE) 12 SKP yang mana adalah workshop mengenai pengujian bioavaibilitas obat dalam matriks biologi yang pada umumnya dikerjakan oleh kalangan industri farmasi maupun lembaga riset. Sasaran dari kegiatan ini adalah mahasiswa S1 dan S2 yang ingin mengenal dan memperdalam ilmu bioanalisis. Acara ini akan diadakan selama dua hari dimana pada hari pertama peserta akan menerima materi terlebih dahulu dan pada hari kedua peserta akan berkegiatan di Laboratorium BA–BE Fakultas Farmasi Universitas Indonesia untuk simulasi kasus.

Selanjutnya pada 25 September 2014 akan diadakan Scholarship Expo dan Bazaar yang akan diadakan di selasar Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) Universitas Indonesia. Acara yang akan diselenggarakan pada pukul 11.00–15.30 WIB ini akan diisi oleh pameran instansi dalam negeri dan luar negeri, seperti British Council, Campus France, Nuvicnesso, Monbuka Gakusyo, dll. Menariknya, untuk datang ke acara ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS. Scholarship Expo ini pun akan dimeriahkan  oleh bazar makanan dan minuman. Bukan Hanya itu saja, Kepanitian PHARFEST bekerja sama dengan ISIC (internasional Student ID Card) untuk menfasilitasi para mahasiswa yang berminat untuk membuat ID Card mahasiswa bertaraf internasional. Dalam hal ini ISIC akan memberikan voucher diskon 25% kepada seluruh pengunjung Scholarship Expo dan juga ISIC akan memberikan voucher diskon 50% kepada para pemenng lomba yang diadakan oleh PHARFEST.

Kemudian pada 27 September 2014 babak penyisihan Patient Counseling Competition (PCC) dan Cerdas Cermat Farmasi (CCF) akan diselenggarakan di Gedung RIK Universitas Indonesia. Pada hari yang sama diadakan pula Seminar Nasional ber-SKP yang bertemakan “Inovasi dan Prospek Pemanfaatan Teknologi Nanopartikel pada Pembuatan Produk Kefarmasian”. Seminar Nasional ini akan diisi oleh tiga pembicara yang kompeten di bidangnya, yaitu Dr. Joshita Djajadisastra, M.S., Ph.D. (Presiden Himpunan Ilmuwan Kosmetika Indonesia), Dr. Etik Mardiyati, M.Eng (Ketua Nano Farmasi dan Kesehatan Masyarakat Nano Indonesia), dan Dra. Rr. Maya Agustina Andarini, M.Sc., Apt. (Kepala Sub Direktorat Penilaian Produk Kosmetik BPOM RI).

Dan pada hari puncak tanggal 28 September 2014 akan diselenggarakan babak final untuk kompetisi PCC dan CCF. Acara PHARFEST 2014 akan ditutup dengan pengumuman pemenang dan pembagian hadiah kepada pemenang kompetisi Poster Kesehatan, PCC, dan CCF. Selain itu akan ada penampilan dari band-band dan hiburan tari untuk menambah kemeriahan penutupan acara PHARFEST 2014.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PHARFEST 2014 :

Pharmacy Festival