PIASTRO 2012 Is Back, Openess to Diversity!

Updated on 19 Nov 2012 @ 20:27 by Editorial Staff | 209 Views

Psychology in Art and Sport through Competition atau PIASTRO adalah salah satu acara yang diadakan oleh BEM Fakultas Psikologi Universitas Indonesia yang kini sudah mulai dikenal secara luas di masyarakat. Event ini diharapkan dapat menjadi wadah silaturahmi antara fakultas psikologi se Indonesia dan sma se-Jabodetabek.

PIASTRO 2012 yang akan diselenggarakan pada 28 September–7 Oktober 2012 ini merupakan kali ke enam sejak pertama kali acara ini diselenggarakan. PIASTRO pertama diselenggarakan pada tahun 2007, dengan tujuan sebagai wadah unjuk bakat kesenian dan olahraga serta mempererat hubungan baik para generasi muda Indonesia khususnya mahasiswa dari fakultas Psikologi di seluruh Indonesia. Adapun event kompetisi yang diselenggarakan, yaitu suatu kompetisi olahraga dan seni dari mahasiswa Fakultas Psikologi di seluruh Indonesia dan siswa-siswi SMA se-Jabodetabek. Saat ini, PIASTRO menjadi sarana untuk memberikan apresiasi kepada semangat berprestasi generasi muda, dan juga untuk memfasilitasi bakat dan ketertarikan siswa-siswi dalam bidang olahraga dan seni. Acara ini juga ditujukan untuk memotivasi generasi muda untuk berprestasi dalam olahraga dan seni melalui kompetisi yang suportif. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, PIASTRO membuat beberapa rangkaian acara dimulai dari gathering night pada tanggal 28 Oktober–acara perkenalan peserta dan panitia sebelum acara kompetisi dimulai, acara gathering night dikemas dengan beberapanrangkaian games yang mendekatkan beraneka ragam peserta piastro serta ditutup dengan talkshow mengenai psikologi olahraga. Kemudian pada tanggal 29 September–6 Oktober diisi oleh kompetisi-kompetisi olahraga dan seni yakni meliputi kompetisi futsal, basket, fotografi, tari tradisional dan modern dance. Acara terakhir yang dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober merupakan akhir dari rangkaian kompetisi piastro berupa penutup acara yang juga menampilkan artis-artis terkemuka.

Tahun 2012 PIASTRO kembali mengusung tema baru yakni Openness to Diversity. Tema acara ini mendukung terwujudnya esensi-esensi dasar dari PIASTRO 2012. Secara lebih khusus, keterbukaan terhadap keragaman akan membuat seluruh pihak yang terlibat di dalam PIASTRO 2012, dimana keragaman yang ada sangat banyak baik dari segi universitas, asal daerah, maupun keragaman kepentingan, mau dan tidak menutup diri dari interaksi-interaksi lebih lanjut dengan pihak-pihak lain yang memiliki perbedaan dengan mereka. Perbedaan yang terasa di piastro tahun ini adalah berupa talkshow yang diselenggarakan pada Gathering Night dimana didalam talkshow tersebut akan membahas mengenai bagaimana peran psikologi di dalam Olahraga. Lalu, seperti tahun-tahun sebelumnya, selain dari kompetisi olahraga dan seni, piastro juga mengemas penutup acara dengan menampilakan pertunjukan musik. Tahun ini Piastro mengundang musisi dan para olahragawan diantaranya; BoyzIIBoys, Celebrity Futsal dan Indo Ballaz Tidak ketinggalan, pengisi acara closing dari fakultas psikologi yakni, dance PsikoUI.

Jika diamati dari tahun ke tahun, acara ini makin berkembang, terbukti dari makin besarnya animo peserta, terutama dari kalangan mahasiswa psikologi seluruh Indonesia, serta antusiasme dari sivitas Psikologi UI untuk turut menyukseskan PIASTRO. Hal ini bukan tanpa bukti, setiap tahunnya PIASTRO dikenal semakin luas terbukti dari peserta piastro yang semakin beragam setiap tahunnya. Selain itu, rasa kebersamaan antara peserta yang ditumbuhkan dalam acara ini semakin terlihat jelas, dapat dilihat dari pesan dan kesan yang ditinggalkan oleh peserta untuk panitia setelah piastro usai. Tidak jarang pemenang kompetisi PIASTRO pun berubah setiap tahunnya, hal ini seiring dengan bertambah ragamnya sekolah dan universitas yang menjadi peserta. Tahun ini Universitas Gunadarma menjadi pemenang dalam kompetisi futsal kuliah putra, sedangkan pada futsal kuliah SMA dimenangkan oleh SMAN 70 Jakarta. Pada cabang Basket kuliah putra dimenangkan oleh Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, Basket kuliah putri dimenangkan oleh tim dari Universitas Sanatha Dharma. kemudian, pada cabang basket SMA putra dan putri dimenangkan oleh SMA PSKD 1 Jakarta. Terakhir, pada cabang kompetisi futsal putri SMA & Universitas dimenangkan oleh SMA Sang Timur Jakarta. Tidak hanya pada kompetisi olahraga, dalam kompetisi tari tradisional dimenangkan oleh juara bertahan yaitu dari tim Teta Paramadina, selanjutnya dari kompetisi modern dance dimenangkan oleh tim dari SAMANARA Binus, dan terakhir pada kompetisi Fotografi dimenangkan oleh kolese kanisius. Setelah rangkaian acara selesai, para panitia dan peserta kemudian dihujani oleh konfeti dengan jumlah yang tidak terhitung banyaknya hingga membuat GOR Bulungan sesaat seperti habis dituruni badai kertas. Ditandai dengan hal itu maka PIASTRO 2012 resmi selesai. Dengan terwujudnya Openness to Diversity ini diharapkan akan membawa PIASTRO 2012 menjadi lebih kaya akan interaksi, akrab dan menimbulkan pertemanan diantara seluruh pihak. Sampai jumpa di PIASTRO 2013!

Piastro 2012, Openesss to Diversity!