Roadshow IWIC di Depok

Updated on 7 Jul 2014 @ 14:00 by Editorial Staff | 109 Views

Jakarta, 4 Juli 2014 – Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) ke-8 memulai kegiatan roadshow pertamanya di 2 lokasi, yaitu Gathering bersama komunitas MOBI Depok serta menggelar focus group discussion (FGD) dengan mahasiswa CCIT-UI (Center for Computing and Information Technology, Fakultas Teknik Universitas Indonesia) pada tanggal 2 dan 3 Juli 2014 kemarin. Roadshow ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan mendatangi kampus dan komunitas di berbagai kota di Indonesia, termasuk ke komunitas developer.

“Kegiatan roadshow ini kami lakukan dengan mendatangi langsung kampus-kampus dan komunitas-komunitas anak muda yang memiliki minat dalam dunia aplikasi digital, dalam rangka mensosialisasikan IWIC sekaligus mengajak mereka langsung untuk berpartisipasi dan berkreasi dalam ajang kompetisi digital ini. Kami sangat gembira dalam 2 kegiatan roadshow pertama ini disambut sangat antusias oleh para mahasiswa dan anggota komunitas. Puluhan karya telah masuk dari mereka dan generasi muda lainnya di minggu pertama setelah IWIC diluncurkan,” demikian Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat menjelaskan.

Roadshow pertama bersama komunitas DepokMOBI, yaitu sebuah komunitas untuk para mobile developer di Depok sebagai wadah untuk berbagi tentang industry mobile. Gathering yang dihadiri puluhan anggota komunitas ini berlangsung interaktif dengan menghadirkan berbagai narasumber baik dari Indosat, Founder Institute dan salah satu pemenang IWIC 2013, yaitu Sandy Colondam yang memberikan semangat serta membagi tips-tips mencari ide untuk dapat diimplementasikan menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bernilai komersial.

Roadshow-IWIC-di-Depok---DepokMobi

Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat saat memberikan presentasi IWIC 8 kepada komunitas DepokMobi.

Sementara Roadshow kedua dilakukan di CCIT (Center for Computing and Information Technology) Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Forum Group Discussion yang dihadiri kurang lebih 100 mahasiswa CCIT – FTUI ini berlangsung interaktif dan cukup seru. Di akhir acara, para mahasiswa ini diajak untuk membuat ide dan langsung mengirimkan ide tersebut ke website IWIC (www.indosat.com/iwic)

Mahasiswa CCTI-FTUI saat kerja kelompok dalam FGD untuk membuat ide yang akan diikutsertakan dalam IWIC8.

Mahasiswa CCTI-FTUI saat kerja kelompok dalam FGD untuk membuat ide yang akan diikutsertakan dalam IWIC8.

Dari kedua roadshow tersebut, terlihat antusias yang begitu besar dari generasi muda Indonesia untuk berinovasi dan mengembangkan potensi di bidang teknologi wireless.

IWIC ke-8 yang merupakan bagian dari program CSR Indosat untuk komitmen dalam bidang inovasi, telah diluncurkan pada tanggal 25 Juni 2014 lalu. Sebagai ajang kompetisi ide dan aplikasi mobile pertama dan paling konsisten di Indonesia, IWIC yang mengusung tema “Technopreneur Muda, Tunjukkan Solusimu”, menghadirkan berbagai hal baru yang semakin menarik antara lain hadirnya 2 kategori baru yaitu kategori Aplikasi dan kategori Ideas for Disable, crowdfunding platforms melalui Crowdtivate, akses kelas online Technopreneurship di HarukaEdu, serta kompetisi aplikasi Hackathon.

Secara lengkap kategori yang dihadirkan dalam IWIC ke-8 2014 :

  • Kategori IDEAS
    Sub-kategori:
    a. Communication, lifestyle, education
    b. Multimedia & Games
    c. Utility (tools & security)
  • Kategori APPS
    Sub-kategori:
    a. Communication, lifestyle, education
    b. Multimedia & Games
    c. Utility (tools & security)
  • Kategori Khusus: Ideas for Disable
Note: Jenis operation system untuk karya yang bisa diterapkan, antara lain: Android, BlackBerry, iOS (apple), feature phone, dll.

IWIC ke-8 menghadirkan hadiah yang semakin menarik di banding tahun-tahun sebelumnya, antara lain hadiah tunai ratusan juta rupiah, puluhah gadget terbaru, kesempatan mengikuti bootcamp, pendanaan melalui crowdtivate, beasiswa di Founder Institute. Founder Institute sendiri adalah incubator startup berskala global yang telah beroperasi di lebih dari 60 kota di seluruh dunia dan telah meluncurkan lebih dari 1.000 perusahaan startup.

Khusus bagi 100 peserta pengirim pertama akan mendapatkan beberapa benefit, antara lain:

  • Kesempatan untuk mengakses online material “how to become technopreneurship” yang digagas oleh HarukaEdu
  • Mendapatkan hadiah langsung
  • Kesempatan memperoleh iPad

Karya peserta ditunggu paling lambat 30 September 2014, sementara untuk informasi lengkap dapat di klik di www.indosat.com/IWIC, twitter: indosatiwic, facebook: IndosatIWIC, instagram: indosatiwic.

Editorial Staff

Editorial Team at depokita.com