Symphoni Cinta Jalanan 2012

Updated on 18 Jul 2012 @ 17:15 by Editorial Staff | 165 Views

» 11 Agustus 2012

Ramadan, bulan indah di mana umat islam berlomba-lomba untuk melipat gandakan nilai dan kualitas ibadahnya selama satu bulan penuh. Bulan Ramadan bulan penuh berkah terutama bagi kita untuk berbuat kebajikan dan mensucikan diri dari segala dosa yang telah kita perbuat selama ini.

Rumah Baca Panter, adalah ruang pustaka yang dibangun sebagai “perpustakaan gratis” bagi kaum marjinal, anak jalanan, pengamen, pedagang, kernet dan supir angkutan umum yang sehari-hari beraktivitas di Terminal Depok. Rumah Baca Panter menggelar event sosial dibulan Ramadan tahun ini dengan tema: “Symphoni Cinta Jalanan 2012” Rumah Baca Panter.

Tema Ramadan kali ini merupakan perumusan dari semua kegiatan-kegiatan sosial yang selama ini kami laksanakan di Rumah Baca Panter. Kelas belajar, wisata edukasi dan usaha kreatif yang mana ke semua program tersebut telah dijalankan dengan baik oleh para pengurus, rekan aktivis, mahasiswa/i, relawan dan volunteer yang telah bergabung sejak awal peresmian Rumah Baca Panter pada tanggal 18 Februari 2012.

Adapun acara tersebut melibatkan beberapa komunitas serupa yang peduli terhadap pendidikan bagi anak jalanan. Program yang akan kami laksanakan yaitu:

  • Ngabuburit Akustik
  • Buka puasa bersama
  • Silaturrahim dan diskusi komunitas
  • Sahur bersama
  • Santunan paket sembako bagi supir, pengamen, yatim piatu, kaum dhuafa dan anak jalanan.

Acara tersebut akan kami laksanakan dalam satu hari penuh pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 11 Agustus 2012
Waktu: 16.30 WIB (Sabtu) sampai 03.30 WIB (Minggu dini hari)
Lokasi: Pelataran Sekretariat Rumah Baca Panter, Terminal Terpadu Kota Depok, Jl. Margonda Raya No.58, Depok

Diskusi Komunitas

  1. Untuk diskusi Ramadan kali ini, kami menggelar beberapa sesi dengan tema yang berbeda pula. Sesi pertama akan diisi talkshow oleh kawan-kawan National Youth Care HIV and AIDS Prevention dengan materi penyuluhan tentang HIV AIDS Prevention bagi anak jalanan dan kaum marjinal Terminal Depok. Narasumber seorang dokter berpengalaman dari WHO.
  2. Mungkin teman-teman sudah pernah menonton film Sang Pemimpi yang merupakan sequel dari film Laskar Pelangi. Film yang diangkat dari novel salah satu penulis terbaik di negeri ini, Andrea Hirata. Nah, ingat dengan tokoh Aray? Sosok pemuda dengan semangat hidup yang tinggi dan tak kenal menyerah dalam menggapai mimpi-mimpinya. Rendy Ahmad, tokoh yang memerankan sosok Aray, si Ariel kecil, akan hadir bersama kita untuk berdiskusi sekaligus bernyanyi untuk menghibur warga Terminal Depok.
  3. Sesi berikutnya dilanjutkan diskusi antar komunitas dengan tema “Sudah pantaskah Depok disebut sebagai Kota Layak Anak?”
  4. Disela-sela diskusi nanti akan diisi dengan pembacaan puisi karya-karya Aan Mansyur yang di social media Twitter dikenal dengan akunnya @hurufkecil.

Kami mengajak semua kawan-kawan baik perseorangan, komunitas, kelompok dan instansi untuk ikut serta dalam kegiatan Ramadan kami tahun ini. Adapun syarat dan ketentuan yang kami tetapkan adalah sebagai berikut :

  1. Setiap peserta baik perseorangan maupun kelompok,wajib membawa minimal satu (1) buah buku sebagai donasi untuk Rumah Baca Panter.
  2. Setiap peserta baik perseorangan maupun kelompok wajib membayar infaq sebesar Rp30.000,- / orang sebagai biaya konsumsi dan infaq.
  3. Infaq akan diakumulasikan untuk membeli paket sembako yang akan dibagikan untuk para supir, kernet, pengamen, anak jalanan dan salah satu Yayasan Yatim Piatu dan Kaum Dhuafa pada saat pelaksanaan acara nanti.

Yayasan yang akan mendapatkan santunan dari acara ini adalah Yayasan Yatim Piatu dan Kaum Dhuafa Jariyah Al-Insani. Terdapat 64 orang anak yatim dan dhuafa yang sedang menempuh pendidikan dari usia Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Yayasan ini merupakan yayasan yang ada di bawah asuhan dan pembinaan tetap Paguyuban Terminal Depok.

Pengisi Acara Akustik Band

  1. Setiap band dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp100.000,- / band.
  2. Masing-masing band diberi kesempatan membawakan tiga (3) buah lagu (durasi 15 menit).
  3. Peserta kami batasi hanya 20 band saja.
  4. Dua (2) peserta band terfavorit akan kami ajak berkolaborasi pada saat pelaksanaan Social Media Festival 2012 (Festival Komunitas Terbesar se-Asia) yang akan dilaksanakan di Gelanggang Renang Senayan Jakarta pada Oktober nanti atau 1’st Anniversary Rumah Baca Panter November tahun ini.

Batas akhir pendaftaran peserta, komunitas dan band akan ditutup pada Senin 6 Agustus 2012 pukul 21.00 WIB.

Khusus untuk band pengisi acara, pada saat pendaftaran panitia akan memberitahukan tanggal pelaksanaan Technical Meeting, berupa mekanisme acara dan sebagainya.

Ayo…!!! Jangan sia-siakan kesempatan baik ini untuk bergabung dalam event Ramadan kami tahun ini. Ajak teman, komunitas dan instansi kamu untuk ambil bagian di dalamnya.

Untuk acara ini, kami menggalang dana dengan berjualan Ta’jil Ramadhan tepat di depan Sekretariat Rumah Baca kami.

Untuk informasi lebih lengkap silahkan hubungi panitia “Symphoni Cinta Jalanan”.

Alamat:
Sekretariat Rumah Baca Panter, Jl. Margonda Raya No.58, Terminal Terpadu Kota Depok

Telp:
Mondo (+62) 856-9709-8336 atau Denty (+62) 857-1181-3444

Pin BB:
270755D3

Rek. Donasi Infaq:

  • BCA 2731688224 a/n Denty Apriliani
  • Mandiri 129.00.0561400.9 a/n Andi Malewa

Twitter:
Official Twitter of Rumah Baca Panter @rumahbacapanter

Contact Person:
Twitter – @andivox – @monddoo – @dentyeyo

Terima Kasih segala perhatian dan partispasi dari kawan-kawan semua, mari berbagi untuk mereka yang kurang beruntung, MEREKA TIDAK SENDIRI.