The 2nd Nutrition Expo

Updated on 19 Nov 2012 @ 20:30 by Editorial Staff | 224 Views

Jumat hingga Minggu tanggal 5 sampai dengan 7 Oktober 2012 The 2nd Nutrition Expo dengan sukses telah dilaksanakan. Acara yang diadakan oleh Asosiasi Keluarga Gizi FKM-UI bekerjasama dengan Departemen Gizi FKM-UI ini merupakan kali kedua diadakan. Selama 3 hari di laksanakan acara yang mempunyai tagline “be Nutritionis makes Precious” mendapat sambutan hangat dari civitas Gizi dan FKM khususnya dan civitas UI, Gizi se Indonesia dan masyarakat sekitar umumnya. Acara ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, masih terdiri dari 7 rangkaian acara yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Lomba Poster dan Fotografi (LPF), Nutrition Training Skill (TS), Seminar Gizi Nasional (SGN), Food Festival (FF), UpGrading (UG) dan Nutritionis Wanna Be (NWB).

Presentasi oleh finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah mengawali rangkaian acara The 2nd Nutrition Expo ini. Finalis maupun pengunjung presentasi ini sudah terlihat sejak pukul 07.30 WIB di Aula Terapung Perpusat Universitas Indonesia untuk registrasi. Setelah seluruh finalis dan juri hadir,presentasi Karya Tulis Ilmiah yang mengangkat tema “Gizi Sebagai Akselator pencapaian MDGs” pun dilaksanakan. Presentasi yang di pandu oleh Idris dan Astri di mulai dari kategori SMA. SMA yang mendapat giliran presentasi pertama adalah dengan tema ,lalu presentasi kedua adalah dengan tema. Dan SMA yang terakhir mendapat kesempatan adalah dengan tema. Berlanjut ke kategori Universitas. Masing-masing presentan harus menjawab dan mempertahankan inovasinya kepada juri yang hadir. Sekitar pukul 10.30 seluruh presentan telah mendapat kesempatan untuk mempresentasikan hasil masing-masing. Selama juri berdiskusi untuk mementukan pemenang para finalis dan pengunjung mendapat hiburan. Setelah berdiskusi akhirnya para juri telah memutuskan para juara. Untuk kategori SMA adalah SMA Negeri 1 Kraksaan : “Cacornbro Cookies” Inovasi Biskuit Berbasis Bahan Baku Lokal Guna Untuk Mencegah Gizi Buruk Di Kabupaten Probolinggo, dan juara kedua  SMAN 1 Kraksaan : “Nubelz”(Nuget Belut Bergizi) sebagai inovasi produk diversifikasi pangan berbasis bahan baku local ramah lingkunagn guna meminimalisir gizi buruk di Indonesia”.

Sedangkan untuk universitas juara satu di raih oleh Universitas Negeri Medan : “Inovasi Pembuatan Tempe Biji Saga Pohon (Adenanthera pavonina) Dengan Aroma Daun Pandan Wangi (Pandanus amarillyfolius) Sebagai Pangan Alternatif Bergizi Tinggi” ,juara dua adalah Universitas Brawijaya Malang : “PONIMIL (Telepon dan Pesan Singkat untuk Ibu Hamil): Kombinasi Media Edukasi Gizi Menggunakan Pesan Suara dan Pesan Teks Telepon Seluler sebagai Upaya Meningkatkan Perilaku Gizi dan Kesehatan Ibu Hamil”. Dan terakhir adalah Universitas Padjadjaran : “Efek Ekstrak Spirulina platensis terhadapPneumonia sebagai Solusi Target Keempat MDGs Indonesia 2015”

Di lain tempat tampak kehebohan Opening Ceremony The 2nd Nutrition Expo. Opening ini di mulai pukul 9 pagi dan hadir pula Manager Mahasiswa dan Alumni FKM-UI serta Pjs Ketua Dept Gizi FKM-UI. The 2nd Nutrition Expo secara simbolis di buka dengan menerbangkan balon-balon beserta spanduk kecil bertuliskan The 2nd Nutrition Expo. Opening ini juga di meriahkan dengan penampilan dari Dela yang membawakan beberapa lagu serta 2 orang penari Bali. Bersama itu juga Food Fest di The 2nd Nutrition Expo ini dibuka. Food Fest berlangsung selama 2 hari dengan stand yang berjumlah 14an dan dengan tema stand yang berbeda-beda.

Dan di tempat yang berbeda, pameran karya peserta dan pemenang Lomba Poster dan Fotografi rangkaian acara The 2nd Nutrition Expo di pamerkan di selasar Perpusat Universitas Indonesia. Karya mereka di pamerkan selama 2 hari. Sebelum dipamerkan karya-karya peserta LPF ini di nilai dahulu oleh  juri. Mereka adalah Ilham Anas (Obama palsu, Fotografer majalah Hai!) dan Evelyn (Dosen Internasional Design School). Dan setelah melewati proses penjurian yang ketat terpilihlah 3 pemenang perkategori. Untuk kategori foto mereka adalah Aloysius Donny, Hale Azarya dan Rany Nasir. Dan untuk kategori poster mereka adalah M Ridho Firdaus, Arni dan Ghina Nurvita S.

Lalu setelah presentasi Finalis LKTI selesai, Aula Terapung Perpusat kembali ramai dengan kehadiran peserta Nutrition Training Skill. Registrasi yang dimulai pukul 12.30 WIB berlangsung cukup tertib dan pukul 13.00 Nutrition Skill Training di buka oleh Jane sebagai MC dan presentasi pembicara di moderatori langsung oleh Windy sebagai moderator. Ibu dr. Endang L. Achadi, MPH, Dr.PH sebagai pembicara pertama dan Ibu Ari Wijayanti, DCN, MPH dari Instalasi Gizi RSCM . Setelah sesi presentasi oleh para pembicara peserta training skill beristirahat sejenak dan acara dilanjutkan kembali dengan diskusi dengan kelompok yang telah dibentuk saat registrasi. Setiap kelompok terdapat 1 orang mentor yang akan mengarahkan diskusi para peserta. Diskusi ini berlangsung selama 1 jam dan dilanjutkan oleh presentasi 3 kelompok terpilih dengan kasus yang berbeda. Setelah para peserta mempresentasikan diskusinya para pembicara mengomentari diskusi ini. Dan sekitar pukul 17.30 acara Training Skill ini selesai dengan di serahkannya plakat dan bingkisan untuk kedua pembicara.

Tetap memakai Aula Terapung,Opening Ceremony untuk acara UpGrading ILMAGI berlangsung meriah. Registrasi yang dimulai jam 18.30 ini mulai didatangi para peserta. Berbagai warna almamater menghiasi Aula Terapung Perpusat ini . Jam 19.00 Opening Cermony di buka oleh MC Idris dan Jojo. Hadir pula Dekanat FKM-UI, Pjs Ketua Dept Gizi, Ketua BEM FKM-UI beserta Sekjen ILMAGI untuk memberikan sambutan dalam Pembukaan Upgrading ILMAGI. Hiburan yang disuguhkan panitia tak kalah meriahnya. 2 orang penari Bali,Paduan Suara FKM-UI dan pertunjukan sulap dari Ari ikut mengundang decak kagum dari peserta. Dan sebelum acara berakhir panitia memberikan game khusus serta briefieng untuk acara esok hari.

Hari pertama The 2nd Nutrition Expo telah berlangsung dengan sukses dan berlanjut ke hari kedua. Seminar Gizi Nasional yang diadakan di Balai Sidang UI memulai registrasi peserta mulai jam 07.30. Seminar dengan tema Masa Depan SDM Indonesia di tentukan dalam 1000 hari Pertama Kehidupan berlangsung 2 sesi. Sebelum sesi 1 Walikota Depok beserta Dekanat FKM-UI ikut memberikan sambutan dan dilanjutkan Keynote oleh Bapak Gizi Indonesia Prof. Soekirman, SKM, MPS-ID, Ph.D yang juga menjabat sebagai Ketua Koalisi Fortifikasi Indonesia. Beliau menyampaikan gagasannya tentang “Peran program Fortifikasi makanan hingga diversifikasi pangan dalam menanggulangi masalah gizi di Indonesia, terutama pada 1000 hari pertama kehidupan”. Lalu seminar masuk ke sesi 1 di moderatori oleh Dr. Fatmah dengan 4 pembicara di sesi ini. Yaitu dr. Endang L Achadi, MPH, Dr.PH (SEAMEO TROPMED, PDRC FKM UI) berbicara tentang “DoHaD (Devolepmental origin of Health and Disease)” dilanjutkan oleh pembicara kedua dr. Damayanti Sjarif, Sp.A (K), Ph.D (FKUI) yang berbicara tentang “Tinggi Badan : Peran Gen vs Asupan Gizi”. Dan masih di sesi 1 seminar ini dilanjutkan oleh pembicara ketiga Ir. Siti Muslimatun, M.Sc., Ph.D (SEAMEO TROPMED RCCN) yang berbicara tentang “Peran Zat Gizi Mikro dalam Pertumbuhan dan Status Kesehatan Masa Dewasa” dan pembicara terakhir di sesi pertama Dr. Atmarita, MPH, Dr.PH (Balitbang Kesehatan Depkes RI) membahas “Review Status Gizi Anak dan Penyakit Degeneratif di Indonesia”. Lalu sesi 1 dilanjutkan dengan tanya jawab dan break salat dan makan siang.

Pukul 12.45 registrasi sesi 2 Seminar Gizi Nasional dibuka,dan tapat pukul 1 siang Sesi 2 dibuka dengan moderator Dr. Siti Arifatun . Terdapat 3 pembicara di sesi ini. Beliau adalah Dr. Minarto, MPS (Direktur Gizi Kesmas, Kemenkes) yang berbicara tentang “Kebijakan Nasional Penanganan Stunted di Indonesia” dilanjutkan pembicara kedua Dr. Elvina Karyadi, M. Sc, Ph.D (Director of Micronutrient Initiative Indonesia) yang berbicara tentang “Peran Multiple Micronutrient Powder terhadap Status Gizi” dan pembicara terakhir dalam seminar ini Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS (FEMA IPB) berbicara mengenai “Pola, Keamanan dan Mutu  Gizi  Konsumsi  Pangan  Ibu  Hamil”.

Masih di hari yang kedua, ditempat yang berbeda peserta Upgrading ILMAGI mengikuti Training Motivasi di Aula Terapung Perpusat UI. Di mulai pukul 08.00 dengan sesi 1 dan 2 yang dimoderatori oleh Pratiwi dan menghadirkan pembicara Pak Rino dan Pak Rhenald Kasali. Setelah istirahat makan siang Training Motivasi dilanjutkan dengan sesi 3 dan 4 yang dimoderatori oleh Rifqah Indri Amalia dan menghadirkan pembicara Pak Putu Putrayasa dan Pak Iman . Training Motivasi ini di akhiri dengan studi kasus kepemimpinan. Setiap kelompok membahas kasus yang diberikan hanya dalam waktu 30 menit dan harus mempresentasikannya. Diskusi ini langsung dipimpin oleh Sekjen ILMAGI Koko Andi Irawan. Studi kasus pun selesai dan peserta bergegas ke Pusat Studi Jepang untuk break bersih-bersih sebelum jam 7 harus kembali lagi di Aula Terapung untuk melanjutkan acara yaitu The ILMAGI Project. Dan tepat jam 7 The ILMAGI Project langsung dilaksanakan. Setiap divisi di ILMAGI membuat sebuah proker yang belum di buat oleh ILMAGI beserta SWOTnya. Tetapi divisi tersebut tidak membuat proker divisinya,tetapi membuat proker yang telah di atur panitia. Tak terasa waktu menujukkan jam 9 malam dan The ILMAGI Project ini berakhir. Dan sebelum peserta kembali ke penginapan peserta akan briefieng untuk acara esok hari.

Minggu pagi,hari ketiga rangkaian acara The 2nd Nutrition Expo dibuka dengan funbike oleh peserta Upgrading ILMAGI dengan rute lapangan FISIP UI menuju Danau UI yang terletak di dekat Asrama UI. Setelah peserta Upgrading ILMAGI funbike acara dilanjutkan dengan outbond dengan games yang telah dibuat oleh panitia. Tepat jam 10 pagi Outbond selesai dan peserta kembali menuju penginapan untuk bersih-bersih dan kembali mengikuti acara selanjutnya. Berkeliling Perpustakaan Pusat UI adalah acara selanjutnya dan peserta didampingi oleh LO tiap universitas untuk berfoto dan berjalan-jalan. Setelah cukup puas mereka kembali menuju penginapan untuk mempersiapkan Closing Ceremony Upgrading ILMAGI.

Ditempat yang berbeda, rangkaian terakhir acara The 2nd Nutrition Expo yaitu Nutrition Wanna Be. Diadakan tepat jam 8 pagi hingga 1 siang berlangsung di Kelurahan Kukusan Depok. Rangkaian acara NWB ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat Kukusan dan ini adalah acara sosial dari rangkaian acara The 2nd Nutrition Expo. 7 acara yang telah panitia siapkan mendapat sambutan hangat dari warga,terbukti dengan banyaknya warga yang hadir. Lomba masak, penyuluhan gizi seimbang, konsultasi gizi,lomba balita sehat dan lomba cerdas cermat untuk ibu-ibu.

Bertemakan “white party” dekorasi serta dress code peserta maupun panitia Closing Ceremony Upgrading ILMAGI adalah putih. Walaupun hujan peserta tetap antusias menuju Aula Terapung Perpusat UI. Registrasi dimulai jam 06.30 dan pukul 07.00 acara dimulai. Hadir Reza Rahadian sebagai guest star rangkaian acara Upgrading ILMAGI disambut semarak oleh peserta. Peserta sangat antusias saat talkshow dan foto bersama. Setelah acara talkshow setiap universitas diwajibkan untuk menampilkan persembahannya. Ada 14 universitas yang hadir dari seluruh Indonesia. Lalu acara berlanjut ke pembacaan nominasi-nominasi yang telah dibacakan panitia. Dan Closing Ceremony ini ditutup bersamaan tarian Gangnam Style oleh para peserta lelaki di iringi taburan kertas dari atas.