UI Book Festival 2013

Updated on 9 Nov 2013 @ 19:38 by Editorial Staff | 338 Views

slider-ui-book-festival-2013

UI Book Festival merupakan acara yang dibuat oleh Ikatan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan (IMASIP) yang mengedepankan konsep edutainment dalam setiap kemasan acaranya sebagai salah satu upaya mengkampanyekan buku dan kegiatan membaca. Konsep edutainment tersebut akan membawakan sebuah acara dalam kemasan yang kreatif mengenai bagaimana informasi di dalam sebuah buku yang mewakili interest masyarakat dalam berbagai bidang dapat membawa mereka ke masa depan yang gemilang.

Day 1 | Rabu, 6 November 2013

  • Pameran Lomba Mading pukul 09.00–16.00 WIB di Selasar Gd.8 FIB UI
    Menampilkan seluruh karya mading-mading yang diikuti oleh pendaftar yang tersebar di wilayah Jadebotabek. Bertemakan: Buku, Pesta dan Cinta. Mading ini diharapkan mampu menggali lebih kreatifitas yang dimiliki para pelajar SMA ditengah marak banyaknya serangan dari teknologi.
  • Workshop Slims pukul 10.00–15.00 WIB di Ruangan 8206 FIB UI
    SLiMS adalah perangkat lunak open sources yang mengakomodasi kebutuhan pengelolaan perpustakaan, otomasi perpustakaan khususnya yang meliputi sirkulasi, database bibliografi, manajemen layanan, dan keanggotaan. SLiMS terus berkembang dan terus memberikan kemudahan pengelolaan perpustakaan dengan fitur-fitur yang menjanjikan sebuah perpustakaan dalam jaringan. Untuk membuka wawasan dan keterampilan pustakawan, arsiparis, mahasiswa, dan pekerja informasi dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi, maka akan diselenggarakan Seminar dan Workshop. Turut mengundang founder SLIMS-SENAYAN, dan komunitas SLIMS-SENAYAN Yogyakarta.
  • Talkshow “Sehari Bersama Penerbit” pukul 11.00–14.00 WIB di Auditorium Gd.9 FIB UI
    Mengundang dua buah penerbit besar di Indonesia dan sharing bersama para tamu dan pendengar mengenai bagaimana tak-tik dan trik agar tulisan mudah terseleksi dan diterbitkan. Memberi tips dan cara-cara agar tulisan menjadi menarik. Diharapkan para peserta menjadi lebih tertantang untuk membuat tulisan yang bagus setelah mengikuti seminar ini. (Penulis masih dalam konfirmasi).
  • Lomba Stand Up Comedy pukul 16.00–18.00 WIB di Auditorium Gd.9 FIB UI
    Stand Up Comedy adalah sebuah metode baru untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat melalui gaya humor. Dalam acara ini UI Book Festival 2013 menantang anak muda yang kreatif berkompetisi untuk menyebarkan pengetahuan dengan tema “Buku dan Masa Depanku” dengan gaya Stand Up Comedy. Pemenangnya akan tampil pada acara puncak UI Book Festival 2013. Turut bekerja sama dengan komunitas Stand-Up Comedy Indonesia. Untuk pendaftaran, hubungi Fia (+62) 856-848-5140.

Day 2 | Kamis, 7 November 2013

  • Talkshow Blogger-Traveler pukul 10.00–13.00 WIB di Auditorium Gd.9 FIB UI
    Talkshow ringan dan sharing para blogger, penulis, traveler mengenai pengalaman seru mereka saat jalan-jalan. Berbagi cerita kepada para peserta mengenai nikmatnya traveling di usia muda. Diharapkan peserta tidak lagi takut untuk traveling. Memiliki keberanian untuk berani jalan-jalan atau sekedar backpacker seru. (Pengisi acara masih dalam konfirmasi).
  • Roadshow Film “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk” pukul 14.00–17.00 WIB di Auditorium Gd.9 FIB UI
    Menampilkan pemeran (Herjunot Ali, Pevita Pierce, Reza Rahardian, dll.), sutradara (Sunil Soraya), adaptasi maha karya Buya Hamka TKVDW. Berbagi cerita mengenai proses casting, perjalanan film, saat pengambilan gambar dan semua detail mengenai film TKVDW ini.
  • Donor Darah pukul 10.00–13.00 WIB di Auditorium Gd.4 FIB UI
    Bekerjasama dengan PMI Depok, UI Book Festival 2013 menyediakan booth donor darah untuk seluruh sivitas akademia FIB UI untuk melakukan aksi amal ini. Gratis. Dan bisa berkonsultasi langsung dengan dokter yang ada di booth. Diharapkan rasa tolong-menolong terhadap sesama yang membutuhkan pertolongan.
  • Pameran Lomba Cerpen pukul 10.00–17.00 WIB di Lobby Auditorium Gd. 9 FIB UI
    Lomba cerpen dimulai tanggal 13 Oktober 2013, hasil karya bisa dikirimkan via email ke alamat cerpenbookfest[at]gmail[dot]com. Seluruh karya cerpen yang masuk akan dipamerkan dan cerpen yang terpilih akan dibukukan oleh penerbit yang telah menjalin kerjasama dengan UI Book Festival 2013.

Day 3 | Jumat, 8 November 2013

  • Lomba Dongeng Anak pukul 10.00–12.00 WIB di Ruang 8202 FIB UI
    Lomba dongeng anak, pesertanya anak-anak dari seluruh SD di Jadebotabek. Tema yang diangkat adalah fabel “Aku sayang binatang peliharaanku” dengan adanya lomba ini diharpkan anak-anak mampu berbicara di depan dan mampu membangun rasa percaya diri yang tinggi.
  • Lomba Mewarnai Anak di Ruangan 8206 FIB UI
    Mengundang satu TK untuk ikut lomba mewarnai dengan tema Dive The Book, Drive The World. Dengan adanya lomba ini diharapkan anak-anak mampu lebih mengasah lagi kreatifitasnya terhadap warna dan gambar-gambar. Akan ada permainan menarik juga dipandu oleh panitia setelah lomba selesai.
  • Kids Corner pukul 10.00–13.00 WIB di Teater Daun FIB UI
    Acara bermain anak-anak dengan mengundang dua PAUD terdekat untuk bermain dan belajar. Akan ada games-games seru yang telah disiapkan. Akan bermain dengan balon inflatable yang telah disewa. Ada acara menghias cupcakes bersama-sama.
  • Talkshow Buku “Princess, Bajak Laut, dan Alien” pukul 13.00–15.00 WIB di Teater Daun
    Closing acara Kids Corner, Lomba mendongeng dan lomba mewarnai, akan ada talkshow buku. Dan juga dongeng dari pak Raden, akan ada pembagian hadiah untuk para pemenang lomba-lomba.
  • Malam Donasi pukul 18.00–21.00 WIB di Parkiran FIB UI
    Acara hiburan yang mengundang bintang tamu band dari FIB dan luar FIB. Juga mengundang Guest Star dari penyanyi Indonesia. Akan ada upacara penutupan dengan pemotongan tumpeng dan pemukulan gong. (Guest Star pengisi acara masih dalam konfirmasi).

Daily Event | 6–8 November 2013

  • Bazar Buku di Lobby Gd.9 FIB UI
    Bazar buku dengan potongan harga sampai 70%, berkerjasama dengan penerbit-penerbit besar di Indonesia. Bagi pecinta buku tentunya bazaar ini menjadi acara yang ditunggu karena mendapatkan buku dengan harga yang sangat murah.
  • Bazar Non-Buku di Selasar Gd.9 dan Parkiran Gd.9 FIB UI
    Makanan, pakaian, produk kecantikan akan mengisi bazaar non-buku. Dengan harga yang tentunya murah meriah diharapkan mampu menarik perhatian pengunjung UI Book Festival 2013.
  • Pameran Perpustakaan di Lobby Auditorium Gd.9 FIB UI
    Memamerkan perpustakaan dari beberapa instansi ternama di Indonesia. Sejumlah kedutaan besar juga akan ikut serta dalam pameran ini, bank dan perusahaan BUMN/BUMS juga ikut memamerkan dan meramaikan pameran perpustakaan ini.
  • Pameran Komunitas Sosial di Lobby Auditorium Gd.9 FIB UI
    Berkerjasama dengan sejumlah komunitas sosial di Jakarta akan memamerkan hasil karya dari komunitas tersebut. Mulai dari komunitas musik, komunitas fotografi, komunitas hijab, komunitas sepeda, komunitas seni, komunitas gaya hidup dan lainnya yang tentunya menjadi pilihan jika pengunjung berkesempatan berkunjung ke UI Book Festival 2013.

Informasi lebih lanjut, follow @uibookfest2013.

Editorial Staff

Editorial Team at depokita.com