UI Youth Environmental Action (UI YEA) 2012

Updated on 2 Sep 2013 @ 15:16 by Editorial Staff | 222 Views

UI Youth Environmental Action 2012 telah selesai dilakukan. Kegiatan ini terdiri dari pre-event dan event. Adapun kegiatan pre-event terdiri atas UIYEA Goes to Schools dan UIYEA Door to Door.

UIYEA Goes to Schools merupakan kampanye lingkungan di sekolah yang dilakukan di SDN Parung Bingung, MTS Al Husna, serta SMA PGRI Depok. Kegiatan ini dilakukan pada 30 November 2012. Tujuan dari kampanye ini untuk mensosialisasikan isu lingkungan dan mengajarkan kebiasaan go green yang bisa dilakukan anak usia sekolah. Isu lingkungan yang diangkat adalah meminimalkan penggunaan styroform yang dikenal sebagai sampah abadi, serta salah satu kebiasaan sederhana yang juga akan mendukung kelestarian ligkungan seperti membawa botol minum ke sekolah akan mengurangi sampah botol plastik. Kegiatan sosialisasi ini dimulai dengan pemberian materi secara berkelompok, tiap kelas dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang akan dibekali materi oleh seorang fasilitator, di dalam kelompok kecil ini terjadi interaksi dua arah sehingga diharapkan setiap siswa mampu mengutarakan pendapat masing-masing terkait materi yang dibahas. Setelah sesi brainstorming maka siswa akan diajak untuk me-review materi yang telah didapat dengan games dan kuis berhadiah botol minum dan goddie bag sehingga diharapkan materi yang telah didapat akan melekat dalam ingatan mereka. Setelah selesai sesi ini, para siswa akan diajak untuk menanam pohon sebagi bentuk kepedulian terhadap ruang terbuka hijau dan antusias mereka sangat besar hal ini terlihat dari keinginan mereka untuk terus menanam meskipun dalam suasana terik matahari.

Sedangkan UIYEA Door to Door, yang dilakukan pada 1 Desember 2012, merupakan kampanye di warga yang mengambil lokasi di sekitar area Situ Bojongsari. Pada kegiatan ini lebih ditekankan pada upaya penyadaran warga untuk meminimalkan penggunaan sampah plastik dan beralih menggunakan goddie bag sebagai wadah pengganti plastik untuk berbelanja ke pasar. Selain itu, materi tentang pemisahan sampah secara sederhana juga diberikan. Upaya penghijauan area situ dengan penanaman pohon di beberapa badan situ yang diharapkan agar terbentuk area resapan air sehingga mengurangi area pendangkalan situ. Dari keseluruhan rangkaian acara kampanye ini semuanya di tujukan untuk membangun kesadaran dalam menjaga lingkungan di sekitar guna kehidupan yang lebih baik.

Adapun event yang merupakan puncak acara dari UIYEA 2012 ini, yaitu Go Green Festival. Go Green Festival adalah acara penutup dari rangkaian acara UI Youth Enveromental Action.

Go Green Festival menyajikan sebuah festival yang menghibur sekaligus memberikan nilai-nilai edukasi kepada para peserta, menampilkan komunitas-komunitas yang concern di dunia lingkungan serta menginspirasi kepada gerakan lingkungan lain. Adapula Game Ular Tangga, game yang seru sekaligus edukatif.

Semula acara dijadwalkan mulai pukul 16.00 WIB, namun hujan yang mengguyur Kota Depok sejak pukul 15.30 WIB membuat kegiatan harus mundur satu jam. Penampilan pertama adalah penampilan musik tradisional dari MTS AL-Husna yang membawakan tiga lagu untuk membuka acara. Ketika semua tamu undangan telah hadir, terutama para pemberi kata sambutan yaitu Zamrowi dari Walikota Depok, Arman dari Direktorat kemahasiswaan UI, dan Hari Santoso dari perwakilan Kementrian Kehutananan Indonesia, akhirnya acara resmi dimulai. Adapun para tamu lain adalah pihak-pihak yang telah berbaik hati untuk memberikan dukungan baik materi maupun support kepada UI YEA, diantaranya adalah dari Harian Nusantara.

Usai kata sambutan, diadakan break Sholat Maghrib terlebih dahulu, kemudian dibuka kembali pada pukul 18.20 WIB dengan penampilan dari kelompok musik dari FKM UI, The Rongshock, yang membuka acara dengan pertunjukan perkusi dari barang-barang bekas yang sangat menarik perhatian pengunjung. Acara kemudian dilanjutkan dengan talkshow seputar lingkungan oleh para narasumber yang luar biasa, yaitu Sigit dari Indonesia Berkebun, Putri dari Transformasi Hijau dan Titiek Puspa. Dalam talkshow itu para nara sumber menceritakan pengalaman, pengetahuan serta dedikasinya dalam menjaga bumi dan tanah Ibu Pertiwi ini. Yang paling membekas adalah wejangan dari Titiek puspa tentang pentingnya para pemuda mewarisi alam ini kepada generasi mendatang.

Setelah talkshow, acara dilanjutkan kembali dengan penampilan band Taking Winter Days yang menyanyikan 3 buah lagu. Acara kemudian dilanjutkan kembali dengan sesi meet and greet komunitas-komunitas yang telah diundang. Dalam sesi ini, mereka berkesempatan untuk memaparkan kegiatan dan pengalaman mereka. Dalam pemaparan singkat itu mereka mengajak para peserta untuk hadir ke stand komunitas mereka masing-masing. Dua komunitas pertama yang diperkenalkan adalah Derik Edukasi dan Geng Cilik. Derik Edukasi adalah komunitas para pencinta binatang reptil, sedangkan Geng Cilik adalah komunitas yang terdiri dari anak-anak yang bergerak dalam bidang pengolahan limbah sampah anorganik. Acara Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan dan penampilan dari komunitas ROAM, yaitu komunitas sepeda BMX. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi meet and greet dua komunitas selanjutnya yaitu Pok Lili dan Transformasi Hijau, di mana dalam sesi ini Transformasi Hijau menampilkan permainan sulap sederhana. Pok Lili adalah komunitas yang bergerak didalam pengolahan sampah, baik itu sampah organik maupun sampah anorganik, sedangkan Transformasi Hijau merupakan komunitas relawan yang bergerak pada isu pendidikan lingungan dengan mendorong para generasi muda sebagai pemeran utamanya.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penampilan dari 2 comic dari Komunitas Stand Up Indo Depok, yaitu Gemuk dan Ricky. Setelah itu acara dilanjutkan kembali dengan penampilan dari Komunitas Hip-Hop Clan Depok. Komunitas ini tampil memabawakan lagu rap ciptaan sendiri yang liriknya bermuatan isu lingkungan. Setelah penampilan Komunitas Hip-Hop Clan Depok, Band Karolina tampil menyanyikan lagu-lagu yang mendapatkan antusias dari para penonton, seperti lagu dari Naiff, lagu Rumah kita dan Lady madonna. Setelah Band Karolina tampil, MC masuk kembali untuk menutup seluruh rangkaian Festival Go Green, yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari Band The Apertunes sampai diakhir acara. Band yang merupakan pemenang dari Band UI Competition 2012 ini tampil meriah dengan membawakan lagu-lagu dari berbagi aliran dari R&B sampai dangdut, dan mampu mengajak semua penonton untuk ikut berjoged. Festival ini pun selesai pukul 10 malam.

Semoga dengan adanya kegiatan UIYEA 2012 ini, dapat lebih menyadarkan serta menggerakkan para pemuda dan masyarakat umum lainnya agar dapat lebih peduli dan melakukan sesuatu demi lingkungan. UI YEA, a small step for a big change!

Editorial Staff

Editorial Team at depokita.com