Selayang Pandang Abang & Mpok Depok

by: Redaksi

modified:

Abang & Mpok Depok adalah pemuda-pemudi yang diharapkan menjadi teladan yang memiliki keseimbangan intelektual (IQ), emosional (EQ), spiritual (SQ), dan nantinya akan mengemban tugas sebagai duta Kota Depok.

Pemilihan Abang Mpok Kota Depok diharapkan dapat menunjang upaya pemerintah dalam menyosialisasikan informasi di berbagai bidang khususnya sektor pariwisata. Kegiatan tahunan ini juga bertujuan untuk mengajak generasi muda ikut aktif dan peduli terhadap peninggalan sejarah, seni, dan budaya di Kota Depok.

Sebagai duta Kota Depok, Abang Mpok Depok bertugas di semua aspek kehidupan bermasyarakat. Misalnya, meningkatkan kesadaran generasi muda terhadap bahaya narkoba dan penanggulangannya serta membangun kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Setiap tahunnya, ajang ini diharapkan dapat melahirkan sosok yang menjadi cerminan kepribadian generasi muda di Kota Depok yang heterogen. Pemilihan Abang Mpok Depok ini didasarkan pada tiga aspek besar penilaian, yaitu beautybrain, dan behavior.

Dalam proses penjurian pun para calon duta Pariwisata Kota Depok ini diuji kedalaman pengetahuan dalam 5 sektor, yaitu kemampuan berbahasa asing; ilmu politik dan pemerintahan; pengetahuan pariwisata, seni, dan budaya; pengetahuan umum; serta psikologi dan kepribadian. Menjadi duta pariwisata bukanlah tugas mudah. Karena itu, evaluasi tanpa henti kiranya terus dilakukan dan menjadi tanggung jawab pemerintah kota, pihak swasta, dan masyarakat secara bersama-sama.

Juara 1 Abang Mpok Depok dipersiapkan untuk mewakili Kota Depok dalam Pemilihan Duta Budaya & Pariwisata Jawa Barat—Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat—yang diikuti oleh utusan dari 26 kabupaten dan kota se-Jawa Barat.

Perjalanan Abang & Mpok Depok

Sebagai salah satu kota termuda di Jawa Barat, Kota Depok pertama kali menyelenggarakan pemilihan Abang Mpok Depok pada tahun 2002. Pemilihan Abang Mpok Depok yang terakhir—tahun 2008—masih dilaksanakan di bawah naungan Kantor Pariwisata, Seni, dan Budaya.

Namun, seiring perkembangan pemerintah Kota Depok, tahun 2009 kantor ini berubah menjadi Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, Seni, dan Budaya (Disporaparsenbud) yang akan melanjutkan pelaksanaan pemilihan Abang Mpok Depok 2009.

Kota Depok termasuk salah satu kota yang utusannya selalu menunjukkan kualitas dan prestasi. Walaupun baru mengikuti Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat pada tahun 2002, Muhammad Ridha (Abang Depok 2004) berhasil menjadi Juara 1 Jajaka (pinilih) Jawa Barat 2004. Tahun berikutnya, Rd. Yunita Prima (Mpok Depok 2005) terpilih sebagai juara 1 Mojang (pinilih) Jawa Barat 2005 sekaligus menjadi Mojang Persahabatan (Mimitran) Jawa Barat 2005.

Tugas dan amanah yang di emban Abang Mpok Depok bukan hanya sebagai representasi Kota Depok, lebih dari itu ada berbagai kegiatan yang menjadi tugas sekaligus kesempatan bagi Abang Mpok Depok untuk membantu pemerintah dalam mempromosikan potensi pariwisata, seni, dan budaya kepada masyarakat luas. Mulai dari tugas keprotokoleran, MC, moderator, model, hingga menjadi agen pemerintah dalam menyosialisasikan program kerja pemerintah.

Banyak prestasi yang sudah dicapai Abang Mpok Depok selama ini. Erwin Fajrin, Abang Depok 2008, terpilih sebagai Pembuat Pantun Terbaik pada Workshop Sastra Melayu-Betawi 2009 (dalam materi “Musikalisasi Puisi & Pantun Melayu-Betawi” yang diadakan oleh Disparbud Jabar).

Sementara itu, Asri Aldina, Mpok Depok 2008, pernah menjadi utusan Kota Depok pada Jambore Kebangsaan 2008 di Manokwari, Papua Barat, yang diselenggarakan oleh Depdagri. Selain itu, Asri pun ditunjuk oleh Disparbud Jabar sebagai spoke person untuk mempromosikan pariwisata Jawa Barat pada Exhibition Day dalam rangkaian “The 42nd Annual Meeting Board of Government Asian Development Bank” di Bali tahun 2009.

Seluruh Abang Mpok Depok berada dalam sebuah paguyuban bernama Ikatan Abang Mpok (IKAM) yang baru-baru ini ikut serta dalam menyukseskan Festival Depok 2009 (12-21 Juni 2009). Mereka menjalankan tugas sebagai duta di berbagai rangkaian acara Festival Depok serta ikut membantu Dekranasda Kota Depok mempersiapkan dan mewujudkan “Launching Batik Khas Kota Depok”.

Berikut ini senarai pemenang pertama Abang & Mpok Depok—sejak kegiatan ini diselenggarakan—yang sekaligus berhak mewakili Kota Depok di ajang Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat.

TahunAbang DepokMpok Depok
2002Kiky Dwie MonandaAstrid
2003SumarjadiNofa Farida Lestari
2004Muhammad RidhaIntan Lestari
2005Roni SatriaRd. Yunita Prima
2006Daniel Iskandar SiregarDanti Putri Rama
2007Fathir Fajar ShidiqTiara Astari
2008Erwin Fajrin HadatAsri Aldina
2009Rifa Rizqi SimponiYuanita Desty Noviani
2010--
2011Daniel RamadhanRahma Utami
2012Ivan HenryNadya Victoryka
2013Fikri Zaki RyantoAdita Maya Safira
2014Yanuar Ibrahim AbubakarNabila Kentjana
2015Febrianto RamadhanAstari Ratna Wardani
2016Ahmad Nur FauziRona Laras Narindra
2017Alvis Rahman BasukiRosydinda Deselia
2018Krisna Meidiyantoro BAdhelia Shalsabila Nur Rahman
2019Mahathir MuhammadRisya Jaya Sabila
2020--
2021Muhammad Ariel Azfar HadiSilika Khowashi

Tinggalkan Balasan