Avokad dan Tanjung untuk Pedongkelan

Updated on 28 Agu 2017 @ 10:41 by Redaksi | 36 views

Kegiatan bakti sosial pada Sabtu (25/7) lalu menandakan dimulainya rangkaian kegiatan para finalis Abang & Mpok Depok 2009. Bakti sosial yang bertemakan “A Thousand Green Spirit from Us to Our Lovely Depok City” ini dilaksanakan dalam bentuk penanaman bibit avokad dan pohon tajung di sekitar Situ Pedongkelan. “Kita berharap ini wujud nyata dari kita untuk kita, demi kelestarian bumi kita,” tutur Viqi Syach, Ketua Pelaksana Pemilihan Abang & Mpok Depok 2009 dalam sambutannya.

Awalnya, Panitia Pemilihan Abang & Mpok Depok 2009 merencanakan penanaman pohon di Jalan Margonda sekaligus mendukung program Balad Kuring—gerakan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat secara berkelanjutan yang difokuskan di sepanjang Jalan Margonda. Namun, karena sedang berlangsung pelebaran jalan, kegiatan bakti sosial ini dialihkan ke Situ Pedongkelan yang terletak di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Depok.

Dulu, situ seluas 6 hektare ini tidak terawat, dipenuhi oleh keramba, eceng gondok, sampah, dan lain-lain. Namun dengan kerja keras Kelompok Kerja Pemeliharaan dan Penataan (POKJA) Situ bersama masyarakat sekitar, Situ Pedongkelan mulai terlihat bersih dan tertata apik. Alhasil, Situ Pedongkelan telah dijadikan sebagai salah satu objek wisata di Kota Depok. “Kita terus terang dibantu oleh pemerintah melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, Seni, dan Budaya yang membina langsung dalam upaya mengemas situ ini menjadi objek wisata. Objek yang kita harapkan menjadi milik (kebanggaan—red.) Kota Depok,” ungkap Sain N. Iskandar, Ketua POKJA Situ Pedongkelan.

Situ Pedongkelan merupakan wilayah konservasi dan objek wisata. Status tersebut menjadi pertimbangan pemilihan jenis tanaman yang ditanam saat baksos berlangsung. “Dari segi konservasi dipilih pohon tanjung, sedangkan dari aspek wisata direpresentasikan melalui pohon avokad”, tutur Erwin Fajrin Hadat, Abang Depok 2008.

“Daerah Beji akan dipromosikan sebagai sentra avokad nomor satu di Kota Depok”, tambah Asri Aldina, Mpok Depok 2008, dalam press conference yang digelar setelah bedah buku bertemakan lingkungan pada hari yang sama di toko buku Eureka! di Jalan Margonda. Rencananya, avokad akan dijadikan ikon Kota Depok selain belimbing.

Berikut ini jadwal rangkaian kegiatan Pemilihan Abang & Mpok Depok 2009.

19 Juli 2009
Technical meeting 15 pasang finalis Abang & Mpok Depok 2009 di aula lantai 1 Balai Kota Depok.

25 Juli 2009
Bakti sosial penanaman bibit pohon di Situ Pedongkelan.
Bedah buku bertemakan “Go Green” dan press conference di toko buku Eureka!.

26 Juli-9 Agustus 2009
Pembekalan materi dan latihan, seperti materi salam dan pakaian Abang & Mpok Depok, chit-chat kelompok,  tanya jawab (individu dan pasangan), koreografi, dan fashiow show di aula lantai 1 Balai Kota Depok.

1 Agustus 2009
Photo session untuk buku pendamping acara di aula lantai 1 Balai Kota Depok.

8 Agustus 2009
Talent show (unjuk kabisa) di Depok Town Square*.

9 Agustus 2009
Technical meeting sosialisasi persiapan menuju karantina dan malam final Pemilihan Abang & Mpok Depok 2009 di aula lantai 1 Balai Kota Depok.

12-14 Agustus 2009
Proses karantina, pemberian materi oleh narasumber, dan geladi kotor malam final di Sawangan Golf & Resort.

14 Agustus 2009
City tour ke Gedong Ijo, Mesjid Kubah Emas, Kampung 99, dan Rumah Keramik F. Widayanto.
Malam Inagurasi* di Sawangan Golf dan Resort.

15 Agustus 2009
Malam Final Pemilihan Abang & Mpok Depok 2009 di Hotel Bumi Wiyata, Depok.

Info
Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya