Awarding Day DILo Hackathon Festival 2020

Bandung, 18 September 2020. Tepat hari ini berakhirlah rangkaian kegiatan DILo Hackathon Festival 2020 yang telah di mulai dari pembukaan pendaftaran pada 27 Juli–9 Agustus 2020. Peserta kemudian di seleksi dalam On-Desk Selection pada tanggal 10-12 Agustus 2020 sehingga terpilih 60 tim yang masuk ke dalam tahap Hacking Time pada 15 Agustus–3 September 2020. Selanjutnya, Produk yang dihasilkan akan di presentasikan dan dinilai oleh para juri dalam Initial Pitching pada 8-9 September 2020. Dan terpilih 36 tim yang lolos ke tahap akhir yaitu, Final Pitching yang telah dilaksanakan pada 15 September 2020.

Untuk meresmikan berakhirnya kegiatan ini, maka telah terlaksana Awarding Day DILo Hackathon Festival 2020 pada Jumat, 18 September 2020 secara online melalui platform CloudX. Acara ini dilaksanakan untuk mengumumkan pemenang kompetisi DILo Hackathon Festival dan sekaligus sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

Acara dibuka oleh Bagus Suryo selaku MC pada jam 09.00 WIB yang dihadiri oleh Fajrin Rasyid (Director of Digital Business TELKOM Group), Asli Brahmana (OVP Group Digital Strategy TELKOM), Dinoor Susatijo (Senior Manager Indigo Management). Dan seluruh tim Juri, Peserta, serta management DILo. Perwakilan dari Media & Komunitas pun ikut hadir dalam acara awarding ini.

Dalam pemaparannya, Asli Brahmana menyampaikan bahwa “Sebagai sebuahi nnovator dan talent digital, teman-teman diharapkan selalu keep up untuk terus membuat inovasi baru dan Kami harapkan inovasi yang tecipta di kompetisi ini dapat terus berkembang agar ekosistem digital di Indonesia semakin maju lagi”.

“Kami pun berharap bahwa solusi – solusi yang bermunculan dalam kompetisi ini dapat diimplementasikan dalam jangka panjang. Meskipun, sebuah aplikasi dalam realitanya sangat beresiko, banyak aplikasi yang berkembang dan banyak juga yang gagal, namun apabila kegagalan itu terjadi, jangan berkecil hati. Yang penting, kita semua harus belajar dari kegagalan tersebut agar ke depannya kita dapat mencegah dan menimimalisir kegagalan di aplikasi atau pun solusi digital yang sedang kita kembangkan.” ujar Fajrin Rasyid dalam sambutan apresiasinya.

Selanjutnya acara diisi dengan pemutaran video singkat terkait Journey DILo Hackathon Festival dimulai dari tahun 2017-2020. Dan tibalah pada pengumuman pemenang kompetisi ini dari masing masing kategori. Pertama, kategori SMB/UMKM, Juara 4 dari tim Kampung Marketer, Juara 3 dari tim Durio Joga, Juara 2 diraih oleh Dkletz dan Juara 1 jatuh kepada Depoindex.com dengan produk yang mendigitalkan ekspedisi konvensional yang akan sangat berguna untuk marketplace yang sifatnya grosir (besar & banyak), yang saat ini belum di support oleh logistik yang efisien.

Kategori Agriculture/Fishery, yaitu Juara 4 adalah Agangta, Juara 3 Agritech Nusantara, Juara 2 yaitu IKMAS, dan juara 1 diraih oleh Kodepanda dengan produk yang memberikan solusi dengan membangun sebuah system berbasis mobile application dan sms gateway untuk petani dan mitranya. Selanjutnya kategori Education, Juara 4 dari tim Coder Zoomer, Juara 3 dari tim Motico, Juara 2 dari tim Moro Artos, dan tim Cotrium sebagai juara 1 dengan produk platform penunjang
pendidikan dan pengembangan skill yang dirancang khusus untuk penyandang tunanetra. Kategori Health untuk Juara 4 dari tim ALT, Juara 3 AYD, Juara 2 dari tim Ctsope, dan Juara 1 jatuh kepada Viktorits dengan produk Internet of Things untuk Memantau Kondisi serta Aktivitas Manula dengan Menggunakan Gateway.

Kategori Smart City dimenangkan oleh Juara 4 daritim 4DS, Juara 3 dari tim myECO, Juara 2 dari Furgetech, dan Juara 1 diraih oleh Aiable dengan produk platform smart city berorientasi gamification bergenre virtual avatar games yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi warga terhadap isu perkotaan.Terakhir dari kategori AKB Lifestyle, Juara 4 dari tim AI Gi, Juara 3 Antree, Juara 2 dari tim Happy Families, dan Juara 1 jatuh kepada DeTroBot. Vision dengan produk Platform Computer Vision dan Robot Vison berbasis Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelelgence system. Seluruh pemenang berhak mendapatkan hadiah untuk jurara 1 sebesar Rp 30.0000.000, juara 2 Rp. 20.000.000, juara 3 Rp. 15.000.000 dan juara harapanRp. 10.0000.000.

Sebelum acara berakhir, perwakilan dari pemenang pun mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan sepatah dua patah terkait kesan dan kesannya selama mengikuti DILo Hackathon Festival 2020 yang disampaikan oleh Muhammad Naufal Prawinegoro dari tim Viktorits. Tidak hanya itu, salah satu dari tim penyelenggara pun ikut menyampaikan kesannya yang diwakilkan oleh Teuku Saifudin dari DILo Banda Aceh. Acara ditutup dengan foto bersama seluruh partisipan dalam kegiatan Awarding DILo Hackathon Festival 2020.

Dengan resmi, kompetisi DILo Hackathon Festival 2020 ini berakhir, harapan Kami bahwa inovasi solusi digital dalam kegiatan ini dapat benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat di Indonesia dan semoga terus dapat berkembang untuk Indonesia yang lebih maju.


Updated on 14 Nov 2020 by Redaksi


Tinggalkan Balasan