Kemenangan Perwakilan Kecamatan Sukmajaya

Updated on 28 Agu 2017 @ 11:30 by Redaksi | 49 views

Alunan Rampak Bedug membuka Malam Final Pemilihan Abang & Mpok Depok 2009 pada Sabtu (15/8) di Hotel Bumi Wiyata, Depok. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan.

Rangkaian kegiatan Pemilihan Abang & Mpok Depok 2009 yang sudah berlangsung sejak 17 Juli 2009 lalu, berakhir dengan diselenggarakannya malam final pada Sabtu, 15 Agustus 2009 di Hotel Bumi Wiyata, Depok. Acara yang dibuka dengan alunan Rampak Bedug, dihadiri pula oleh Saifudin Lubis, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata Seni dan Budaya Kota Depok, Suparjono, Kepala Dinas Pemudia, Olahraga, Pariwisata, Seni dan Budaya Kota Depok, dan Nur Mahmudi Ismail, Wali Kota Depok, yang sekaligus membuka Malam Final Pemilihan Abang & Mpok Depok 2009.

“Saya berharap para finalis yang sudah diseleksi dan mendapatkan berbagai macam training, pendalaman, dan upgrading yang dilakukan untuk dapat memanfaatkannya dari sisi pengetahuan, ketrampilan, dan pemahaman Kota Depok, bahwa Kota Depok ini bukan kota biasa,” tutur Nur Mahmudi Ismail, pada saat memberikan sambutan.

Pada malam final ini, para finalis juga turun dan menyebar ke area penonton untuk membagikan secara graris belimbing dewa dengan maksud agar masyrakat bisa merasakan secara langsung buah icon Kota Depok tersebut. Tidak hanya menampilkan pertunjukan dari para finalis saja, atraksi seni budaya ditampilkan pula oleh beberapa bintang tamu. Ada Primitive Band yang menyanyikan lagu nasional Indonesia Pusaka dan beberapa lagu-lagu daerah, serta ada pula tarian Sirih Kuning dan nyanyian khas betawi. Mengenai cukup kentalnya unsur betawi di ajang Abang & Mpok Depok ini, Harry Perdana yang merupakan Wakil 1 Jajaka Jawa Barat 2008 menuturkan harapannya kepada pemenang tahun ini agar lebih memperdalam budaya sunda untuk dapat berkompetisi di Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat dengan baik.

Penilaian pemenang merupakan akumulasi nilai dari seluruh rangkaian kegiatan yang telah diikuti finalis Abang & Mpok Depok 2009. Dari ke-15 pasang finalis, terpilihlah 4 pasang pemenang: Abang & Mpok Depok Favorit, Wakil 2, Wakil 1, dan Juara ke-1 2009. Ada yang sedikit berbeda dari pemilihan tahun ini dan selanjutnya, para pemenang akan mengemban jabatan yang lebih lama, yaitu selama 2 tahun. “Karena sudah keluar SK Gubernur Jawa Barat mengenai Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat di tingkat propinsi menjadi 2 tahun sekali. Jadi setiap kabupaten di Jawa Barat mengikuti jadi 2 tahun sekali,” ungkap Panduputra Alfiandi, Wakil 1 Abang Depok 2008.

Pada saat sesi tanya jawab, Wali Kota Depok ikut memberikan pertanyaan kepada salah satu pasang finalis, Abang Jhony Hermansyah & Mpok Annisa Merryna. “Kandungan zat apa yang terkandung dalam buah Belimbing, yang merupakan icon Kota Depok?” tanya Nur Mahmudi Ismail. “Kandungan yang paling potensial adalah vitamin C, dan manfaat dari buah belimbing ada mencegah hipertensi,” jawab Mpok Annisa Merryna.

Pengumuman pemenang, dibacakan langsung oleh ketua dewan juri, Jajang Gunawijaya, dengan ditemani oleh seluruh dewan juri yang terdiri dari Dadang Wihana, Rini Hildayani, Muhammad Ircham, dan Haris Faozan. Khusus juara 1, dibacakan oleh Nur Mahmudi Ismail beserta istri.

Juara 1 Abang & Mpok Depok 2009:
Rifa Rizqi Simponi (Kec. Sukmajaya) dan Yuanita Desty (Kec. Sukmajaya)

Wakil 1 Abang & Mpok Depok 2009:
Ananta Hagabean ( Kec. Pancoran Mas) dan Nastiti Elwindari (Kec. Sukmajaya)

Wakil 2 Abang & Mpok Depok 2009:
Okky Kurniawan (Kec. Pancoran Mas) dan Dwina Arini (Kec. Sukmajaya)

Pasangan Favorit Abang & Mpok Depok 2009:
Andi Hakim (Kec. Limo) dan Ridha Ichsani (Kec. Sukmajaya)

Mpok Yuanita Desty mengungkapkan bahwa gelar yang didapatkannya hari ini hanyalah mewakilkan teman-temannya saja, karena sebenarnya ini merupakan kemenangan untuk seluruh finalis Abang & Mpok Depok 2009. Abang Rifa Rizqi Simfoni juga optimis dapat berjuang di Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat dengan baik karena asli orang sunda.

“Yang menang adalah yang dirasa terbaik di antara terbaik. Bukan berarti teman-teman yang lain kurang baik. Tapi orang yang tepat tahun ini untuk mewakili Kota Depok ke Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat adalah yang menang tadi. Dari segala kelebihan, mungkin mereka dinilai satu paket,” tutur Asri Aldina, Mpok Depok 2008.