Featured image for “GEBER Depok 2024: Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan”

GEBER Depok 2024: Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Oleh: RD | Diperbarui: 29 Juni 2024 - 13:48 | 16 views
5 1 vote
Info Rating

Nirvana Komunitas Lingkungan, sekelompok mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika, berkolaborasi bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Depok merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dalam kegiatan GEBER (Gerakan Bersih) Depok 2024. Dengan tema “Bersih Lingkunganku Bersih Udaraku”, acara ini bertempat di Studio Alam TVRI, Sukmajaya, Depok, pada Minggu, 23 Juni 2024. Kegiatan ini berhasil mengumpulkan warga Depok untuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas yang bertujuan meningkatkan kesadaran akan kebersihan dan penghijauan lingkungan. Acara ini diakui secara global oleh United Nations for Environmental Protection (UNEP).

Sejumlah kegiatan menarik diadakan, termasuk senam pagi bersama, penanaman pohon, talkshow, workshop tentang pengelolaan sampah, dan hiburan lainnya.

Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida atau Bunda Elly, mengapresiasi GEBER Depok 2024. Menurutnya, “pekerjaan rumah yang ada di depan mata kita adalah membangun kesadaran masyarakat bahwa bersih itu adalah jati diri, kewajiban, dan bagian dari lingkungan”. Beliau berharap dalam satu tahun ke depan, kader-kader PKK Kota Depok bisa menjadi pelopor kebersihan dengan melakukan edukasi memilih dan memilah sampah dari sumbernya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Abdul Rahman, yang mewakili Walikota pada acara tersebut, menyampaikan, “GEBER Depok 2024 menghadirkan narasumber inspiratif yang membagikan pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola sampah dan menjaga lingkungan, serta pembagian penghargaan pada sekolah adiwiyata yang menerapkan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) dan para pegiat bank sampah di Depok. Terdapat 493 Bank Sampah, dimana 15 di antaranya mendapatkan penghargaan atas perannya dalam mengedukasi dan mengurangi sampah.”

Abdul Rahman menekankan, “Pemerintah Kota Depok, khususnya DLHK, sangat membutuhkan peran serta aktif seluruh warga Depok agar kedepannya Kota Depok bisa lebih hijau dan asri sesuai dengan slogan GEBER Depok.” Rangkaian kegiatan GEBER Depok 2024 juga menghadirkan Santi Hasanah, pegiat Bank Sampah, yang berbagi pengalaman dan tips praktis dalam pengelolaan sampah rumah tangga, serta Febi Hendola dari Sendalu Permaculture yang memberikan pelatihan pembuatan kompos dan biopori.

GEBER Depok 2024 tidak hanya menjadi ajang peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, tetapi juga momentum penting untuk membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap isu lingkungan.

Acara ini juga didukung oleh PT Tapan Mas, Bank BSI, HOKBEN, Koperasi Nurhikmah sebagai sponsor utama, juga TVRI, Info Depok, Depok 24 Jam, dan depokita.com sebagai Media Partner.

KOMENTAR
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments