Featured image for “Ketika Buku Kentut Mengajarkan tentang Kejujuran”

Ketika Buku Kentut Mengajarkan tentang Kejujuran

Oleh: Nurmalasari | Diperbarui: 27 Maret 2023 - 13:12 | 117 views
0 0 votes
Info Rating
  • Peluncuran Buku Siapa yang Kentut di Perpustakaan Umum Kota Depok
  • Peluncuran Buku Siapa yang Kentut di Perpustakaan Umum Kota Depok
  • Peluncuran Buku Siapa yang Kentut di Perpustakaan Umum Kota Depok
  • Peluncuran Buku Siapa yang Kentut di Perpustakaan Umum Kota Depok
  • Peluncuran Buku Siapa yang Kentut di Perpustakaan Umum Kota Depok
  • Peluncuran Buku Siapa yang Kentut di Perpustakaan Umum Kota Depok

Sabtu, 28 Januari 2023, Noor H. Dee, seorang editor dan penulis buku anak, meluncurkan buku cerita anak bergambar terbarunya yang berjudul “Siapa yang Kentut?” di Perpustakaan Umum Kota Depok. Sejak pagi, Depok dan kota sekitarnya diguyur hujan cukup intens. Tapi, hal tersebut tidak menyurutkan semangat para tamu undangan dan peserta untuk hadir dalam acara ini.

Penulis yang lahir di Depok pada 25 Maret 1982 ini, menggandeng Kurcaci Dongeng untuk mengadakan acara dengan konsep yang cukup menarik. Peluncuran buku “Siapa yang Kentut?” dibagi menjadi dua bagian. Acara pertama untuk orang dewasa berupa peluncuran buku dan talkshow yang dilakukan di aula lantai 1. Sedangkan acara kedua untuk anak-anak berupa story play bersama Kurcaci Dongeng yang dilakukan di ruang pelayanan anak lantai 2 Perpustakaan Umum Kota Depok.

Acara ini dibawakan apik sekali oleh MC Handy Tanhir atau yang akrab disapa dengan nama Kohan. Acara diawali dengan permainan yang menyenangkan sehingga membuat para peserta tertawa dan suasana semakin akrab. Acara dilanjutkan dengan membacakan nyaring buku karya Noor H. Dee oleh Kayisa, seorang Kurcaci Cilik berusia 5 tahun. Ia membacakan puisi “Aku Tak Ingin Tidur” yang diambil dari buku kumpulan puisi “Jus Puisi.” Dilanjutkan dengan membacakan nyaring buku “Siapa yang Kentut?” oleh Kohan. Tak lupa, mereka pun bernyanyi lagu Kentut bersama-sama. Tepuk riuh semakin menambah hangat suasana perpustakaan pada pagi hari itu.

Selanjutnya, acara peluncuran buku dan talk show dimoderatori oleh Virginania atau biasa dipanggil Kak Nania (Ibu Talu). Talk Show berjalan dengan santai namun penuh dengan pemahaman dan wawasan baru tentang buku cerita anak. Ibu Indrawati Paty, pustakawan ahli Perpustakaan Umum Kota Depok menyampaikan bahwa buku ini menyampaikan sebuah pesan tentang kejujuran dengan cara yang jenaka dan cerita yang terhubung dengan kehidupan anak sehari-hari. Menuduh orang lain atas sesuatu hal yang kita lakukan dan berani untuk mengakui atas apa yg kita lakukan. Hal ini begitu menggelitik tak hanya bagi anak-anak, tapi juga orang dewasa tentunya. Ibu Indra juga memberi pesan penting kepada orang tua untuk tetap mendampingi anak-anak dalam membaca buku sampai mereka besar.

Lalu, apa alasan penulis untuk mengambil tema ini sebagai ide cerita untuk buku anak? “Alasan sebenarnya adalah ingin memberikan kontribusi dalam penerbitan buku-buku humor untuk anak. Sebab, saat ini buku humor untuk anak sangat sedikit jumlahnya, sedangkan humor memiliki banyak sekali manfaat bagi tumbuh-kembang anak.” Jelas Noor H. Dee, yang telah menulis puluhan judul buku anak dan empat di antaranya telah diterjemahkan kedalam bahasa Inggris oleh Kube Publishing, Inggris.

Ruang Pelayanan Anak lantai 2 Perpustakaan tidak kalah meriah. Anak-anak yang hadir begitu menikmati dongeng yang diadaptasi dari cerita “Siapa yang Kentut” karya Noor H. Dee. Mereka menyanyi, menari, bermain, menjawab pertanyaan dan mendapatkan hadiah dari kakak-kakak Kurcaci Dongeng. Senyum dan tawa bahagia tambah merekah begitu diakhir acara ada pembagian es krim untuk mereka.

Acara ditutup dengan sesi penanda tanganan buku dan foto bersama penulis, Noor H. Dee. Kota Depok hari itu sungguh diguyur oleh keberkahan dengan diluncurkannya buku cerita anak ini. Karena buku ini melahirkan senyum dan tawa pada siapapun yang membacanya.

(Nurmalasari)

KOMENTAR
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments